Sabtu, 18/05/2024 - 09:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Jumlah Anak Nabi Muhammad SAW Beserta Urutan Lahirnya

JAKARTA — Nabi Muhammad SAW memiliki total tujuh anak. Dari tujuh ini, enam dari Siti Khadijah dan satu lagi dari Mariah Qibtiyah.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Enam anak Nabi Muhammad SAW dari pernikahannya dengan Siti Khadijah ialah Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayya, Ummu Kultsum, dan Fatimah. Dari pernikahan beliau dengan Siti Khadijah, Nabi SAW punya dua putra dan empat putri. Dari pernikahannya dengan Mariah Qibtiyah, Nabi Muhammad memiliki seorang putra lagi, bernama Ibrahim.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Imam Nawawi menjelaskan, Nabi Muhammad SAW memiliki tiga orang putra. Pertama adalah Qasim yang lahir sebelum masa kenabian, kemudian meninggal di usia 2 tahun. Lalu lahir Abdullah yang dipanggil dengan Al Tayyib dan Al Tahir, karena lahir setelah kenabian. Qasim dan Abdullah tidak berumur panjang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Adab saat Naik Haji

Lalu putra ketiga Rasulullah SAW adalah Ibrahim yang lahir di Madinah pada tahun 8 Hijriah, kemudian meninggal di sana pada tahun 10, di usia 17 bulan atau 18 bulan. Ibrahim lahir dari Mariah Qibtiyah.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Nabi Muhammad SAW memiliki empat orang putri, yaitu Zainab, Ruqayya, Ummu Kultsum dan Fatimah. Zainab menikah dengan Abu Al-Aas bin Al-Rabi’ RA. Sedangkan Fatimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib RA.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Adapun Ruqayyah dan Ummu Kultsum menikah dengan Utsman bin Affan RA. Utsman terlebih dulu menikah dengan Ruqayyah. Ruqayyah meninggal di Madinah di tahun kedua Hijriah, ketika pasukan Muslim menang dalam Perang Badar. Setelah Ruqayyah wafat, Utsman menikah dengan Ummu Kultsum.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Ini yang Dilakukan Setan Ketika Berebutan Mencuri Kabar dari Langit

Ummu Kultsum wafat pada bulan Syaban tahun 9 Hijriah. Dia memiliki empat orang putri dan tiga orang putra, menurut pendapat yang shahih, sebagaimana dinukil oleh Imam Nawawi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Imam Nawawi memaparkan, urutan anak Nabi Muhammad dengan Siti Khadijah, dari yang pertama hingga terakhir adalah Qasim, Abdullah, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, lalu Fatimah. Ada yang berpendapat bahwa Fatimah lebih tua dari Ummu Kultsum.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Sebagaimana telah disebutkan, bahwa Qasim dan Abdullah tidak berumur panjang. Adapun seluruh putri Rasulullah SAW kecuali Fatimah, wafat sebelum wafatnya Nabi Muhammad SAW. Enam bulan setelah Rasulullah SAW wafat, Fatimah wafat. Hal ini didasarkan pada pendapat yang paling shahih dan populer, seperti dinukil oleh Imam Nawawi.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi