Kamis, 16/05/2024 - 21:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Ini Prioritas Pembangunan Jalan di Kawasan Penyangga IKN Nusantara

 JAKARTA — Presiden Jokowi meninjau progres pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, khususnya di Kalimantan Timur. Pelaksanaan Inpres jalan daerah (IJD) diprioritaskan untuk jalan-jalan yang berada di sektor produksi sehingga mempermudah jalur distribusi dan memberikan dampak ekonomi. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Sementara untuk jalan daerah di Sepaku, Kalimantan Timur nantinya juga akan menjadi jalan pendukung di kawasan IKN Nusantara, terutama menuju destinasi wisata Goa Batu Tapak Raja. Utamanya jalan tersebut dipakai untuk pengangkutan sawit dan selain itu juga menjadi sambungan ke tempat wisata Goa Batu-Tapak Raja. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono mengatakan penanganan jalan akses wisata Goa Batu-Tapak Raja mulai dilakukan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR sejak Juli 2023. Jalan tersebut terhubung dengan Jalan Nasional Samboja-Sepaku yang juga menjadi akses menuju Kawasan IKN. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Otorita Kenalkan IKN Kota Berketahanan Iklim Kepada Investor Dunia

“Targetnya akhir tahun 2023 ini sudah selesai,” kata Basuki dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (23/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan, penanganan akses wisata Goa Batu-Tapak Raja sepanjang 9,7 kilometer dikerjakan dalam dua paket pekerjaan yakni Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1 sepanjang 4,8 kilometer dengan kontraktor PT Duta Mega Perkasa dengan nilai kontrak Rp 34 miliar. Lalu akses wisata Goa Batu-Tapak Raja 2 sepanjang 3,5 kilometer dengan kontraktor PT Pesona Jaya senilai Rp 33,2 miliar. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu di kawasan penyangga IKN Provinsi Kalimantan Timur juga dikerjakan ruas jalan Riko-Maridan sepanjang 6,5 kilometer dengan nilai kontrak Rp 43 miliar. Di Kalimantan Timur, secara keseluruhan terdapat 14 paket fisik dengan progres sekitar 10 persen karena ini masih tahap awal. Kalau secara nasional progres fisiknya sudah mencapai 19 persen,” jelas Hedy.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
PUPR: Sumber Daya Air Jadi Prioritas Dalam Pembangunan IKN

Menurut Hedy, Kementerian PUPR memang menyasar jalan daerah yang memiliki potensi ekonomi kerakyatan, seperti sektor produksi UMKM, pertanian, peternakan, dan perkebunan. Lalu jalan daerah yang selama ini terhambat konektivitasnya ke jalan arteri nasional maupun jalan tol.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Nanti setelah selesai, asetnya akan diserahterimakan ke pemerintah daerah. Kita harapkan nanti bisa menjadi stimulus bagi Pemerintah Daerah supaya bisa membangun jaringan jalan daerahnya masing-masing,” ungkap Hedy.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

Presiden Jokowi anggaran total pelaksanaan IJD di seluruh Indonesia sebesar Rp 14,6 triliun. Anggaran tersebut untuk memperbaiki kondisi jalan sepanjang 2.800 kilometer yang terdiri dari jalan provinsi sepanjang 400 meter dan sisanya jalan kabupaten atau kota.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi