Minggu, 25/02/2024 - 22:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jepang Anugerahi Tokoh Indonesia Kuntoro Mangkusubroto Bintang Jasa

ADVERTISEMENT

 JAKARTA — Jepang menganugerahkan Bintang Tanda Jasa the Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star kepada mantan Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nanggroe Aceh Darussalam-Nias (BRR NAD-Nias) Kuntoro Mangkusubroto atas kontribusinya terhadap hubungan kedua negara.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

“Profesor Dr Kuntoro sangat pantas mendapatkan penghargaan dari Kaisar. Kontribusinya terhadap hubungan Jepang-Indonesia sangat kami hargai,” kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji dalam Acara Penganugerahan Bintang Tanda Jasa tersebut di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

Dubes Kenji mengatakan Bintang Tanda Jasa the Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star diberikan kepada Kuntoro atas kontribusinya dalam pengerahan bantuan dari Pemerintah Indonesia kepada Jepang untuk penanganan pascagempa di Jepang pada 2011.

ADVERTISEMENT

Saat menjabat sebagai Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro dinilai telah menunjukkan kepemimpinan yang kuat selama pengiriman bantuan dari Indonesia kepada Jepang.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
China Resmi Lengserkan Jepang Sebagai Eksportir Mobil Nomor 1 Dunia

Kepemimpinan tersebut menghasilkan pengiriman bantuan dan pengerahan tim kemanusiaan dari Indonesia ke daerah-daerah yang terdampak gempa di Jepang, selain juga penyediaan dukungan dalam bentuk barang dan pasokan bantuan.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Kenji menekankan bahwa kontribusi Kuntoro dalam pengiriman bantuan tersebut akan dikenang di Jepang dari generasi ke generasi.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Jepang (pada saat itu) sangat terpukul. Sementara orang-orang juga sangat khawatir dengan masa depan mereka. Namun, berkat bantuan Kuntoro dan tim bantuan, semua pasokan bantuan datang ke Jepang,” katanya.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi dedikasinya dan kepemimpinannya,” kata Kenji lebih lanjut.

Bintang Tanda Jasa the Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star, kata Kenji, merupakan salah satu rekomendasi penghargaan tertinggi dari Kaisar Jepang dan sangat sedikit warga negara asing yang bisa memperoleh penghargaan tersebut.

Orang-orang yang berhak menerima penghargaan itu adalah mereka yang berkontribusi dalam mempromosikan hubungan Jepang-Indonesia, baik untuk tokoh-tokoh pemerintah maupun mereka yang bergerak di sektor swasta.

Berita Lainnya:
Curhat Olla Ramlan di Instagram, Tulis Minta Tolong 'Gak Sanggup Lagi', Ada Apa?

Selain Kuntoro, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif juga memperoleh penghargaan tersebut.

“Dalam pemberian (penghargaan) untuk Kuntoro, ini dilakukan karena dia menjadi salah satu yang terdepan dari lembaga pemerintahan yang melakukan upaya membantu pembangunan kembali Jepang setelah gempa,” kata Kenji.

Penghargaan tersebut semestinya diberikan kepada Kuntoro pada tahun lalu. Namun, karena terdapat kendala, pemberian penghargaan ditangguhkan sampai hari ini.

“Jadi, dia (seharusnya) menerima ini tahun lalu. Kami ingin melakukannya lebih awal. Tapi atas permintaannya, acara ini kami tunda hingga hari ini,” kata Kenji.

Sementara itu, Kuntoro Mangkusubroto juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas penganugerahan penghargaan tersebut.

“Terima kasih untuk penghargaan yang luar biasa ini,” demikian katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi