Kamis, 16/05/2024 - 19:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Pertama Pakai Teknologi Terbaru di Luar China

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang membawa rombongan Presiden Joko Widodo tiba di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (13/9/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Deputy Chief Engineer proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dari China Railway Signal & Communication (CRSC) Liu Jieping mengatakan bahwa teknologi sistem kendali kereta pada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan yang pertama digunakan di luar China.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini merupakan projek kereta api cepat pertama yang seluruh sistem faktor dan semua rantai industri yang diimplementasikan di luar China,” ucap Liu dilansir Antara di Jakarta, kemarin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Liu mengatakan sistem yang dipakai untuk proyek KCJB dari CRSC adalah Chinese Train Control System (CTSC) level 3 yang merupakan set komplit otomatis yang akan semakin meningkatkan aspek keamanan, kualitas pelayanan, dan efisiensi dari operasional KA Cepat yang akan diberi nama “Whoosh” ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Lawan Ketidakpastian Ekonomi dengan Investasi Emas

Sistem ini telah diaplikasikan pada kereta cepat di China lebih dari 40 ribu kilometer. CTCS 3 ini merupakan teknologi terbaru yang di gunakan dari China untuk diimplementasikan pada kereta cepat Indonesia dengan jalur yang membentang sepanjang 142,3 kilometer tersebut.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Liu juga mengatakan sejauh ini tidak ada tantangan dalam mengaplikasikan sistem CTSC 3 untuk KCJB di Indonesia. CRSC akan selalu mendampingi staf lokal untuk bisa mengoperasikan sistem dari China ini.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, CRSC juga bekerja sama dengan perusahaan teknologi Huawei dalam aplikasi sistem jaringan komunikasi meliputi transmisi nirkabel dan data network dan memberikan teknologi yang solid serta realibilitas tinggi untuk teknologi KCJB ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Defisiensi Mineral Sebabkan Produksi Sapi Lokal Kurang Optimal

Sebagai perusahaan penyedia teknologi produk dan servis di bidang perkeretapian, Liu sangat bangga atas terwujudnya KCJB. Ia juga mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung melambangkan Indonesia masuk ke era kereta cepat dan melambangkan simbolis persahabatan Indonesia dan China.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Kami sangat terhormat bisa menyaksikan dan berpartisipasi dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dan CRSC pastinya akan terus bekerja sama di bidang infrastruktur dan juga produksi antara dua negara ini,” kata dia.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi