Jumat, 03/05/2024 - 21:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Kasus SYL Pengaruhi Elektabilitas Anies-Muhaimin, Pengamat: Nasdem Pengusung Utama

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin menilai, kasus dugaan korupsi yang menjerat kader Partai Nasdem, Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan sedikit banyak berdampak pada elektabilitas bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Hal itu, kata Ujang, karena pemilih melihat pasangan calon tersebut didukung partai yang dua menterinya terlibat korupsi dalam kurun waktu berhimpitan. “Besar kecil sedikit banyak kasus korupsi yang menerpa dua menteri Nasden, dimana Nasdem itu pengusung utama Anies-Cak Imin itu tentu berpengaruh kepada elektabilitas Nasdem dan juga elektabilitas Anies-Cak Imin,” ujar Ujang dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (6/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ujang menuturkan, untuk elektabilitas Nasdem juga sudah pasti berpengaruh kepada pilihan pemilih kepada partainya. Hal itu juga sudah diakui langkah oleh Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Menyebar Via Hubungan Seksual, Hepatitis akan Salip TBC Sebagai Infeksi Paling Mematikan
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Namun demikian, kata Ujang, apakah hal itu juga berdampak para partai pendukung Anies-Muhaimin lainnya, masih perlu diuji. “Apakah berpengaruh ke elektabilitas ke PKS dan PKB masih harus diuji karena tidak terdampak langsung pada kasus itu, kalau Nasdem iya tetapi PKS dan PKB masih sedikit aman tidak terlalu berdampak, yang berdampak Nasdem dan pasangan Anies dan Cak Imin kemungkinan besar elektabilitas bisa berkurang bisa turun,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Hal itu, kata Ujang, karena Nasdem sebagai pengusung utama pasangan Anies, dua menterinya terlibat korupsi dalam waktu bersamaan. Kondisi itu juga akan digunakan lawan politik untuk menggoreng kasus dari dua kader Nasdem tersbut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Surya Paloh tak Tampik Anies Baswedan Bisa Saja Diusung Nasdem di Pilkada DKI Jakarta

“Jadi lawan politik pasti gembira dan menggiring masyarakat menilai Nasdem sebagai partai yang korup, lalu Anies-Cak Imin didukung oleh partai yang korupsi, jadi akan sedikit banyak akan berpengaruh terhadap elektabilitas Anies dan Cak Imin termasuk Nasdem,” ujar Ujang

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh mengakui kasus dugaan korupsi yang menjerat dua menteri yang merupakan kader Partai Nasdem mengganggu elektabilitas bakal calon presiden (capres) dan bakal calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Pastilah ada (pengaruh) pada elektabilitas partai dan juga Amin (Anies-Muhaimin), pasangan yang didukung oleh Nasdem,” ujar Surya.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi