Sabtu, 18/05/2024 - 10:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Siapa Hamas dan Bagaimana Sepak Terjangnya dalam Melawan Israel?

 YERUSALEM — Israel dan kelompok perlawanan Palestina, Hamas terlibat dalam konflik yang  telah menyebabkan hampir 1.000 orang tewas. Pada Sabtu (7/10/2023) Hamas melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, dengan meledakkan sebagian pagar pemisah yang dijaga ketat dan mengirimkan pejuang ke komunitas Israel di sepanjang perbatasan Gaza.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Langkah tersebut mendorong pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk memperingatkan perang yang panjang dan sulit. Jet-jet Israel membom Jalur Gaza, meratakan gedung-gedung tinggi dan lingkungan sipil.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Tapi apakah Hamas, kelompok yang menjadi pusat dari semua ini? Berikut adalah penjelasan mengenai Hamas dan sepak terjangnya dalam melawan pendudukan Israel, dilansir dari Aljazirah, Ahad (8/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Apa itu kelompok Hamas?

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Hamas adalah singkatan dari Gerakan Perlawanan Islam, dan dalam bahasa Arab berarti “semangat”.  Kelompok ini secara politis menguasai Jalur Gaza, yaitu wilayah seluas sekitar 365 kilometer persegi yang merupakan rumah bagi lebih dari dua juta orang. Jalur Gaza telah diblokade oleh Israel.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hamas telah berkuasa di Jalur Gaza sejak 2007 setelah perang singkat melawan pasukan Fatah yang setia kepada Presiden Mahmoud Abbas. Abbas merupakan kepala Otoritas Palestina dan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Banyaknya Bantuan ke Gaza tak Boleh Jadi Dalih Israel Menyerang Rafah

Kapan Hamas dibentuk dan apa tujuannya?

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Gerakan Hamas didirikan di Gaza pada 1987 oleh seorang imam, Sheikh Ahmed Yasin, dan ajudannya Abdul Aziz al-Rantissi tak lama setelah dimulainya Intifada pertama, sebuah pemberontakan melawan pendudukan Israel di wilayah Palestina.

ADVERTISEMENTS

Gerakan ini dimulai sebagai cabang dari Ikhwanul Muslimin di Mesir. Hamas membentuk sayap militer, Brigade Izz al-Din al-Qassam, untuk melakukan perjuangan bersenjata melawan Israel dengan tujuan membebaskan Palestina yang telah dijajah oleh Israel. Mereka juga menawarkan program kesejahteraan sosial kepada warga Palestina yang menjadi korban pendudukan Israel.

ADVERTISEMENTS

Apa prinsip kelompok Hamas?

Berbeda dengan PLO, Hamas tidak mengakui kenegaraan Israel namun menerima negara Palestina berdasarkan perbatasan tahun 1967. Hamas dengan keras menentang perjanjian perdamaian Oslo yang dinegosiasikan oleh Israel dan PLO pada pertengahan tahun 1990an.

“Kami tidak akan melepaskan satu inci pun tanah air Palestina, apa pun tekanan yang terjadi saat ini dan berapa pun lamanya pendudukan,” kata Khaled Meshaal, pemimpin kelompok Hamas di pengasingan pada 2017.

Hamas secara resmi berkomitmen untuk mendirikan negara Palestina di wilayahnya sendiri.  Tujuan ini dicapai melalui serangan terhadap tentara Israel, pemukim dan warga sipil baik di wilayah pendudukan Palestina maupun di Israel.

Berita Lainnya:
Menlu Rusia: Barat Sedang Mengacaukan Situasi di Kaukasus Selatan

Kelompok ini secara keseluruhan atau dalam beberapa kasus sayap militernya ditetapkan sebagai organisasi “teroris” oleh Israel, Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada, Mesir dan Jepang.

Siapa sekutu dan pendukung Hamas?

Hamas adalah bagian dari aliansi regional yang juga mencakup Iran, Suriah dan kelompok Hizbullah di Lebanon, yang menentang kebijakan Amerika Serikat (AS) terhadap Timur Tengah dan Israel. Hamas dan kelompok bersenjata terbesar kedua di kawasan, Jihad Islam seringkali bersatu melawan Israel. Hamas dan Jihad Islam merupakan anggota terpenting dari ruang operasi gabungan yang mengoordinasikan aktivitas militer di antara berbagai kelompok bersenjata di Gaza.Hubungan kedua kelompok menjadi tegang ketika Hamas memberikan tekanan pada Jihad Islam untuk menghentikan serangan terhadap Israel.

Apa yang mendorong serangan Hamas terhadap Israel pada Sabtu (7/10/2023)?

Juru bicara Hamas, Khaled Qadomi mengatakan, kelompok tersebut melakukan operasi militer sebagai respons terhadap kekejaman yang dihadapi warga Palestina selama beberapa dekade. Hamas juga meminta kelompok lain untuk bergabung dalam perlawanan, dan mengatakan bahwa serangan pada Sabtu hanyalah permulaan.

“Kami ingin komunitas internasional menghentikan kekejaman di Gaza terhadap rakyat Palestina, tempat suci kami seperti Al-Aqsa. Semua hal inilah yang menjadi alasan di balik dimulainya pertempuran ini,” kata Qadomi.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi