Jumat, 17/05/2024 - 20:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gugatan Usia Capres, PSI: Kami Harap Dikabulkan, Tapi Apa Pun Hasilnya Kita Terima

Sejumlah pengunjuk rasa membawa poster berisi pesan tuntutan dalam aksi di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Ahad (15/10/2023).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Direktur Lembaga Bantuan Hukum Partai Solidaritas Indonesia (LBH PSI), Francine Widjojo, berharap Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan mengenai batasan usia capres-cawapres yang bakal diputuskan hari ini, Senin (16/10/2023). Namun, PSI mengaku akan menerima apa pun hasil putusan MK. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

 “Kalau harapan tentu kami dari PSI berharap MK mengabulkan permohonan kami, tapi apa pun putusannya nanti dari PSI akan menghargai dan menghormati putusan MK tersebut,” kata Francine kepada wartawan, Senin. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Menurut penuturan Francine, pihaknya sudah mengupayakan melayangkan permohonan mengenai batasan usia capres-cawapres tidak dadakan, alias sudah dibahas secara internal cukup lama.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tak Hanya Irit BBM! 5 Daftar Mobil SUV Bekas Murah yang Mesinnya Bandel, Mulai dari 100 Jutaan Saja

Hal itu menanggapi adanya spekulasi publik mengenai PSI yang kini dinahkodai oleh Kaesang Pangarep, yang tidak lain adalah putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus adik dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kalau kita melihat perjalanannya ya sebenernya ini diskusi internal di PSI itu sudah dari Desember 2022, dan kami sudah mengajukan permohonan ini di 9 Maret 2023 jauh sebelum isu mau mencalonkan presiden maupun pilih presiden yang mana,” kata dia. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Francine kembali menegaskan bahwa upaya permohonan yang dilayangkan kepada MK lebih menekankan pada hak para pemuda Indonesia yang berpotensi menjadi pemimpin negara. 

ADVERTISEMENTS

“Ini hak konstitusi dari 21,2 juta anak muda Indonesia dikabulkan dan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk menduduki jabatan publik, jadi ini bukan hanya untuk mendukung salah satu capres atau cawapres yang digadang-gadang saat ini. Kalau mengenai pilihan tentu itu akan dikembalikan lagi pada putusan partai,” jelas dia. 

ADVERTISEMENTS

Hingga sekira pukul 11.20 WIB, MK masih berproses membahas ihwal pengajuan permohonan batas usia capres-cawapres yang diajukan berbagai pihak, termasuk PSI yang meminta penurunan batas usia 40 tahun menjadi 35 tahun. Francine menegaskan harapan agar permohonannya dikabulkan oleh MK.  “Kita berharap sekali dikabulkan tapi apapun hasilnya kita akan terima,” tegas dia. Eva Rianti 

Berita Lainnya:
Ada Nuansa Lain di Sidang Sengketa Pilpres, Dikabarkan Pemilu 2024 Meninggalkan PR

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi