Jumat, 03/05/2024 - 08:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

K-Wave Bisa Jadi Inspirasi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Ekonomi kreatif telah menjadi salah satu sektor yang menjanjikan bagi Indonesia, dengan inspirasi yang diambil dari kesuksesan K-Wave Korea. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Muhammad Neil El Himam menyoroti potensi besar yang dimiliki oleh ekonomi kreatif, khususnya dalam sub-sektor film.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang menjadi harapan baru bagi Indonesia dan sudah terbukti, ini sukses dilakukan oleh Korea,” kata Neil dalam pembukaan Korea Indonesia Film Festival 2023 di CGV grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) malam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Neil mengatakan film diakui sebagai alat komunikasi yang sangat efektif untuk mempromosikan nilai-nilai sosial, budaya, dan potensi ekonomi kreatif. Data terbaru menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam subsektor film, animasi, dan video pada  2021, dengan pertumbuhan sebesar 6,31 persen dan kontribusi sebesar Rp 2,69 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Kontribusi sektor ekonomi kreatif secara keseluruhan terhadap PDB nasional mencapai 6,98 persen, atau setara Rp 1.134 triliun pada tahun yang sama.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Gara-Gara Polemik Hybe Vs Min Hee-jin, Fans BTS dan EXO Terlibat ‘War’ di Medsos
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sebagai bukti bahwa film lokal semakin digemari, catatan jumlah penonton film Indonesia terus meningkat. Sebelum pandemi pada 2019, Indonesia mencapai rekor tertinggi dengan 51,9 juta penonton, dan tahun lalu, angka ini mencapai 55 juta penonton. Ini menunjukkan momentum yang signifikan yang perlu dimanfaatkan, terutama dengan Indonesia yang memiliki beragam cerita unik dan lokasi syuting yang diminati oleh pelaku film dari berbagai negara.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Selain itu, bahasa daerah di Indonesia saat ini menjadi aset penting, terutama bagi produser film yang ingin mengeksploitasi pasar berbahasa daerah yang luas. Dalam konteks ini, Indonesia juga dapat mengambil inspirasi dari keberhasilan K-Wave Korea, yang telah memengaruhi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif negara tersebut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Aktor Joker Joaquin Phoenix dan Pekerja Kreatif Yahudi Tolak Pembungkaman di Hollywood

“Indonesia dapat mencontoh keberhasilan Korea dengan K-wave nya, dan dapat kita lihat bagaimana dampak K-wave ini pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Korea,” ujar Neil.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Korea telah berhasil mencapai kesuksesan K-Wave-nya, terutama dalam industri hiburan, berkat pertumbuhan pesat dalam ekosistem ekonomi kreatif. Karena itu, Neil mengatakan Kemenparekraf berkomitmen untuk mendukung sektor perfilman Indonesia agar lebih maju dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Neil juga memberikan apresiasi tinggi atas sinergi dan kolaborasi yang telah terjalin melalui KIFF yang ke-14 kali. Dia menjadikan momen ini sebagai kesempatan istimewa untuk memperingati 50 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi