Kamis, 30/05/2024 - 07:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Pertamina Turunkan Harga Pertamax Cs, Pertalite Kapan?

 JAKARTA — PT Pertamina (Persero) baru saja menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi per 1 November 2023. Salah satunya BBM RON 92 Pertamax yang kini dihargai Rp 13.400 per liter dari sebelumnya yang sempat naik menjadi Rp 14.000 per liter. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Hanya saja, penurunan BBM subsidi khususnya Pertalite tidak dilakukan dan masih tetap dibanderol Rp 10 ribu di seluruh wilayah Indonesia. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menjelaskan, pergerakan harga BBM nonsubsidi pada dasarnya akan mengikuti fluktuasi harga minyak mentah di pasar internasional. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Itu sebabnya, kenaikan harga minyak nonsubsidi beberapa waktu lalu tak dapat dihindari imbas naiknya harga minyak mentah dunia yang hampir menyentuh 100 dolar AS per barel. Seiring dengan penurunan harga minyak mentah saat ini, Pertamina lantas kembali menurunkan produk-produk nonsubsidinya. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Dirut Pertamina: Produksi Migas Pertamina Naik Sekitar 7 Persen

“Jadi BBM nonsubsidi itu bebas (sesuai pasar), mengikuti indeks harga minyak internasional. Minyak kan sempat 92 dolar AS, 96 dolar AS juga kan pernah ya, sekarang balik lagi 86 dolar AS, jadi fluktuasi,” ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (3/11/2023). 

Hanya saja, khusus harga BBM bersubsidi seperti Pertalite tidak serta-merta langsung mengalami penurunan harga ketika terjadi pelemahan harga minyak mentah. Sebaliknya, kenaikan harga minyak dunia tidak serta merta membuat harga Pertalite naik. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Sebab, penetapan harga BBM bersubsidi tetap bergantung pada keputusan pemerintah. Di mana, salah satunya memperhitungkan kemampuan anggaran negara untuk menyuntikkan subsidi ke Pertamina. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Arifin lantas mengatakan, untuk saat ini memang harga Pertalite tidak ikut turun. Ia pun belum dapat menjelaskan lebih lanjut terkait potensi penurunan harga Pertalite ke depannya. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jadi ini (BBM nonsubsidi) turun-naiknya itu mengukuti fluktuasi harga minyak internasional, tapi yang BBM subsidi (harganya) tetap,” kata dia.  

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pertamina Jamin Pasokan BBM Normal Meski Ada Kilang Terbakar
ADVERTISEMENTS

Pada kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjelaskan, harga keekonomian Pertalite masih lebih mahal sekitar Rp 2.000 per liter dibandingkan harga jual saat ini. 

ADVERTISEMENTS

Itu artinya, harga asli Pertalite seharusnya berkisar Rp 12.000 per liter, sebab saat ini harga jual Pertalite yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp 10.000 per liter. Dengan kondisi tersebut, pihaknya belum melihat adanya peluang penurunan harga Pertalite. 

“Kita belum melihat itu,” kata Tutuka.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi