Senin, 26/02/2024 - 02:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kementerian PUPR Mulai Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban

ADVERTISEMENT

JAKARTA — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Paket 1-3 dalam rangka meningkatkan konektivitas dan arus logistik menuju ke pelabuhan di Jawa Barat tersebut.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Menteri PUPR Basuki Hadimujono menyampaikan, tol ini sangat strategis, tidak hanya arus logistiknya saja, tetapi juga untuk mengendalikan lalu lintas di Jakarta ke arah baratnya. “Jadi, produk-produk di sebelah timur tidak perlu ke barat dulu untuk ekspor dan impornya, tetapi langsung ke timur sehingga memecah beban lalu lintas yang ada di Jakarta,” ujar Basuki di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

Basuki menambahkan Jalan Tol Akses Patimban ini ditunggu dan menentukan keberhasilan Pelabuhan Patimban untuk melayani arus logistik barang yang ada di sebelah timur Jakarta.

ADVERTISEMENT

Kementerian PUPR memulai pelaksanaan pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Paket 1-3 yang ditandai dengan penandatanganan kontrak bersama badan usaha jalan tol (BUJT) di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Wacana BUMN Jadi Koperasi, Ekonom: Pertimbangannya Kompleks

Basuki meminta BUJT melaksanakan pembangunan Jalan Tol Akses Patimban ini secara tepat waktu dengan kualitas yang terbaik. “Dengan kontribusi dan peran serta dari seluruh penyedia jasa, saya harapkan semua berkompetisi positif tidak hanya pada segi kualitas dan kecepatan saja, tetapi juga pada aspek estetika untuk Jalan Tol Akses Patimban ini. Saya harap jalan tol ini bisa dijadikan contoh bahwa kualitas jalan tol yang kita bangun bisa lebih baik dari apa yang telah kita bangun selama ini,” kata dia.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Jalan Tol Akses Patimban memiliki total panjang 37,05 km yang sepanjang 14,11 km dibangun oleh BUJT dan 22,94 km lagi dibangun pemerintah. Adapun pembangunan porsi pemerintah terdiri atas empat paket pekerjaan, yaitu Paket 1 sepanjang 7,69 km, Paket 2 sepanjang 6,2 km, Paket 3 sepanjang 5,5 km, dan Paket 4 sepanjang 3,55 km.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Jalan tol ini menghubungkan Pelabuhan Patimban yang terkoneksi dengan Jalan Pantura dengan Jalan Tol Trans Jawa ruas Cikopo-Palimanan.

Berita Lainnya:
Pertamina akan Garap Proyek Eksplorasi Big Fish di Malaysia

Jalan tol ini dapat meningkatkan aktivitas ekspor yang bersumber dari kawasan industri di sekitar Cikarang-Cibitung-Karawang serta serta mendukung pengembangan wilayah di Kabupaten Subang dan sekitarnya.

Jalan Tol Akses Patimban ini dibangun sebanyak empat lajur dua arah dengan lebar lajur 3,6 meter. Dengan spesifikasi tersebut, kapasitas jalan tol ini direncanakan dapat menampung 100.000 kendaraan berat per hari.

Pada jalan tol ini juga dibangun tempat istirahat dan pelayanan atau rest area pada dua titik lokasi yaitu di STA 21+300 arah ke Pelabuhan Patimban dan STA 22+300 arah ke Jalan Tol Cipali sebagai area persinggahan dan peristirahatan pengguna jalan tol.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi