Jumat, 19/04/2024 - 04:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Pemberontak Klaim Tembak Jatuh Pesawat Militer Myanmar

ADVERTISEMENTS

Analisis menilai penyelesaian krisis di Myanmar terhambat oleh meningkatnya impor persenjataan junta militer.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

NAYPYIDAW — Pesawat jet Myanmar jatuh saat bentrok antara militer dan kelompok pemberontak. Peristiwa yang dilaporkan kedua belah pihak itu merupakan kemunduran terbesar junta sejak kudeta 2021.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Pesawat tempur itu jatuh di Negara Bagian Kayah di timur Myanmar, dekat perbatasan dengan Thailand pada Sabtu (11/11/2023). Jet itu jatuh saat militer bertempur melawan Karenni Nationalities Defence Force (KNDF) yang mengaku menembak jatuh pesawat tersebut.

ADVERTISEMENTS

Di stasiun televisi pemerintah MRTV, Ahad (12/11/2023) juru bicara junta Zaw Min Tun mengatakan pesawat itu jatuh karena masalah teknis dan pilot keluar dengan selamat dan melakukan kontak dengan militer. Insiden ini terjadi saat pasukan militer Myanmar bertempur di beberapa front melawan pasukan etnis minoritas dan milisi anti junta serta pemberontak.

Berita Lainnya:
PBB: Perlu Aksi Global Lebih Kuat untuk Atasi Krisis di Myanmar

Pengamat keamanan mengatakan tingkat koordinasi oposisi pemerintah militer berada di tingkat yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Pekan lalu presiden yang dilantik militer mengatakan Myanmar beresiko terpecah belah karena kegagalan menangani pemberontakan secara lebih efektif.

Konflik di Negara Bagian Shan, di timur laut yang berbatasan dengan Cina, membuat sedikitnya 50.000 orang mengungsi, dengan jalur perdagangan terputus dan beberapa kota direbut sejak serangan anti-junta yang dilancarkan bulan lalu oleh tiga kelompok pemberontak etnis minoritas.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Cina menyerukan agar semua pihak menghentikan konflik. Aliansi pemberontak mengatakan mereka telah merebut lebih dari 100 pos tentara. Serangan-serangan ke kota-kota juga terjadi di wilayah Sagaing, di Myanmar tengah, dan barat Negara Bagian Shan.

Berita Lainnya:
Sebabkan Keracunan, Pejabat Kesehatan Jepang Geledah Pabrik Kedua Kobayashi 

Ratusan pekerja asing yang menurut aktivis hak asasi manusia merupakan korban penyelundupan manusia, terjebak dalam pertempuran. Termasuk warga Vietnam dan Thailand.

Pada Sabtu (11/11/2023) lalu Kementerian Luar Negeri Thailand mengatakan 200 warganya menunggu dievakuasi “secepat mungkin ketika situasi mengizinkan.”

Di halaman Facebook, KNDF mengatakan mereka menembak jatuh pesawat jet menggunakan senapan mesin dan anggotanya sedang mencari pilot pesawat tersebut. Pernyataan ini belum dapat diverifikasi.

Di Facebook, media Myanmar Mizzima mengunggah foto yang menurut mereka helm dan parasut yang ditinggalkan salah satu pilot pesawat yang jatuh.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi