Senin, 15/04/2024 - 20:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

China: Komando PBB di Semenanjung Korea Ketinggalan Zaman

ADVERTISEMENTS

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning memberi isyarat saat konferensi pers di Kementerian Luar Negeri di Beijing, China, 24 Maret 2023.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

BEIJING — Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning menyebut Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Command (UNC) di Semenanjung Korea sudah ketinggalan zaman dan malah memicu ketegangan di kawasan.

ADVERTISEMENTS

“Seperti yang diketahui secara luas, apa yang disebut UNC atau Komando PBB adalah produk Perang Dingin, tidak memiliki dasar hukum dan sudah lama ketinggalan zaman,” kata Mao Ning saat menyampaikan keterangan rutin kepada media di Beijing, China, Selasa (14/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah

Mao Ning menyampaikan hal tersebut untuk menanggapi pertemuan di Seoul pada Senin (13/11/2023) yang dihadiri para menteri pertahanan dan perwakilan dari 17 negara dalam UNC yaitu badan yang dibentuk pada 1950 untuk mengawasi gencatan senjata antara Korea Selatan dan Korea Utara.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
PBB Desak De-eskalasi Perbatasan Israel-Lebanon

“Negara-negara yang mengadakan pertemuan atas nama UNC malah memicu konfrontasi dan menimbulkan ketegangan. Tindakan ini hanya memperburuk situasi di Semenanjung Korea,” tambah Mao Ning.

Mao Ning mengatakan China mendesak negara-negara terkait untuk berhenti mencari keuntungan egois dengan menggunakan nama PBB secara tidak benar. “Lebih baik menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea melalui tindakan nyata,” ungkap Mao Ning.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

UNC didirikan pada 14 Juli 1950 dan menjadi upaya keamanan kolektif pertama di bawah sistem PBB. Resolusi Dewan Keamanan PBB Nomor 83 dan 84 memberikan kewenangan hukum internasional bagi negara-negara anggota untuk memulihkan perdamaian di Semenanjung Korea. Resolusi itu juga menunjuk Amerika Serikat sebagai pemimpin komando terpadu atau UNC.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Asa Warga Gaza Merayakan Idul Fitri tanpa Perang

Pada 1950-1953, ada 22 negara antara lain Amerika Serikat, Inggris, Australia dan Turki ikut menyumbangkan pasukan tempur maupun bantuan medis untuk mendukung Korea Selatan di bawah bendera PBB.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

Saat ini, UNC melanjutkan komitmennya di Semenanjung Korea dengan menegakkan perjanjian gencatan senjata, memfasilitasi diplomasi dengan Korea Utara dan bertindak sebagai pemersatu bagi kekuatan multinasional selama krisis atau konflik.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Dalam pertemuan tersebut disepakati untuk meningkatkan latihan bersama dan bekerja sama dengan Jepang untuk mencegah dan mempersiapkan diri dengan lebih baik terhadap serangan Korea Utara.

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

ADVERTISEMENTS
Iklan Belasungkawa Adinda Almarhum Yafi Dhia Ulhaq Yuli

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi