Senin, 26/02/2024 - 02:49 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Intervensi Pemerintah Diperlukan untuk Ubah Gaya Hidup Masyarakat

ADVERTISEMENT

JAKARTA — Ekonom dari Universitas Indonesia Dr. Fithra Faisal Hastiadi, S.E., MSE., M.A, menilai perlu intervensi dari pemerintah untuk mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan guna menggencarkan program green economy atau​​​​​​​ ekonomi hijau ​​​​​​​

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

“Karena kelompok masyarakat urban yang menengah ke bawah, pertimbangan pertama mereka adalah harga. Boro-boro bicara soal lingkungan, kehidupan sehari-hari saja masih kurang,” kata Fithra kepada ANTARA ketika dihubungi dari Jakarta, Rabu (15/11/2023).

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

Fithra menjelaskan bahwa intervensi pemerintah sebaiknya bertujuan untuk membuat critical mass atau massa awal yang dibutuhkan agar bisa masuk ke tahap percepatan usaha, dalam hal ini gaya hidup yang ramah lingkungan.

ADVERTISEMENT

Dia menyoroti tren penggunaan mobil listrik, yang dipicu oleh Pemimpin Tesla Elon Musk. Fithra mengatakan bahwa Elon Musk berhasil menciptakan critical mass yang mengubah gaya hidup masyarakat kalangan menengah ke atas menjadi lebih ramah lingkungan.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dua Fungsi Teknologi Thermal Management System Milik BYD

“Yang Elon Musk lakukan adalah membuat harga kendaraan listriknya premium sehingga menjangkau kelompok masyarakat kelas atas,” kata Fithra.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Mulanya, ujar dia melanjutkan, kendaraan listrik menjadi terlihat sangat elit. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, tren tersebut berhasil memunculkan kendaraan listrik sebagai top of mind (yang pertama terpikir) orang-orang.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Ketika sudah mencapai tahapan top of mind sehingga publik berpikir, ‘memiliki mobil listrik, kok, bagus’, itu kemudian menjadi pemantik,” ucap Fithra.

Setelah penggunaan kendaraan listrik menjadi sebuah tren di tengah masyarakat, kata Fithra, barulah muncul mobil listrik dengan harga yang sudah disubsidi untuk menyesuaikan seberapa besar daya beli masyarakat di lapisan lainnya.

Berita Lainnya:
BYD Perkirakan Laba Bersih pada 2023 Meningkat 86,5 Persen

“Ini tidak akan ada tanpa Elon Musk di awal. Dia membuat citra, bahwa mengonsumsi produk ini bagus dan keren,” ujar eks Juru Bicara Kementerian Perdagangan itu.

Dengan demikian, dia berharap agar pemerintah dapat menciptakan critical mass guna mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih ramah lingkungan dan mendukung ekonomi hijau.

“Memang harus ada critical mass-nya terlebih dahulu di Indonesia,” kata Fithra.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi