Sabtu, 27/07/2024 - 13:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Setelah Berhenti 20 Tahun, Disbud DKI Ekskavasi Kembali Benteng di Pulau Onrust

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta melakukan ekskavasi kembali di Pulau Onrust, Kabupaten Kepulauan Seribu, setelah sempat terhenti 20 tahun lebih lamanya. Tujuan ekskavasi untuk menggali peninggalan sejarah, seperti sisa bangunan benteng dan benda lainnya dari berbagai periode sejarah kolonial Belanda.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Kegiatan ekskavasi ini dilakukan selama 14 hari. Dari 8 November hingga 22 November 2023. Itu juga tidak menggali terus, kita juga melakukan analisis, pendataan dan pelaporan,” kata Kepala Tim Ekskavasi Arkeologi Disbud DKI, Candrian Attahiyat saat ditemui di Pulau Onrust pada Rabu (15/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Candrian menjelaskan, benteng pertama di Pulau Onrust dibangun pada 1656. Benteng berbentuk bersegi empat dan hanya dilengkapi dua bastion dengan courtine yang tidak panjang. 

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Bastion adalah pos pengamanan di sudut bangunan benteng yang menjorok keluar dengan denah segi empat atau trapesium. Sedangkan courtine adalah dinding yang menghubungkan antara dua bastion. Benteng awal ini dibongkar diperluas menjadi bangunan benteng besar secara bertahap dimulai pada 1671. 

Berita Lainnya:
Pilu Momen Anak Temani Ibu Grebek Ayah di Rumah Selingkuhan, 'Pa Ini Anak Papa'
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Dalam sejarahnya, benteng tersebut dibongkar oleh pasukan Kolonial Belanda karena mereka akan membangun benteng lebih besar secara bertahap dimulai pada 1671. Benteng besar ini digambarkan dalam peta buatan 1744 karya JW Heydt berbentuk segi lima dengan bastion di masing-masing sudut.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Sisa-sisa Benteng Onrust yang terbuat dari batu, karang dan kayu tersebut masih terlihat di permukaan seperti dijelaskan pada denah Pulau Onrust yang digambarkan oleh JW Heydt,” kata Candrian.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Menurut dia, hasil penemuan benteng dan fasilitas lain sebelumnya ini belum selesai sehingga harus dilakukan ekskavasi lebih lanjut. Misalnya, membuktikan titik lokasi akses keluar masuk dan batas-batas bastion benteng pertahanan Pulau Onrust mengacu kepada denah Pulau Onrust yang digambarkan oleh JW Heydt tahun 1744.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Pembuktian titik-titik akses keluar masuk dan batas-batas bastion benteng diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan pelestarian cagar budaya di Pulau Onrust dan dapat mendukung narasi edukasi kepada masyarakat yang berkunjung nantinya,” ujar Candrian.

Berita Lainnya:
Pemkot Padang Pasang Enam Unit Smart Sensors for Disaster
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Pantauan Republika.co.id saat mengunjungi Pulau Onrust, terdapat museum yang menyimpan barang-barang bersejarah peninggalan Belanda. Ada pula bangunan barak karantina haji. Sebab, dahulu kala, jamaah haji berangkat ke Arab Saudi melalui jalur laut harus singgah di Onrust. Saat kembali ke Indonesia, jamaah haji juga wajib dikarantina di situ.

Ada juga tempat penampungan air bersih, makam para Belanda dan penjara Nelanda. Pohon-pohon tinggi menjuntai mengelilingi seluruh bangunan-bangunan Belanda. 

Saat Republika.co.id berkeliling di pulau tersebut, ada beberapa pengunjung yang sedang memancing. Suasana pun menjadi menenangkan dan teduh di tengah embusan angin pantai, terlebih terdengar suara burung berkicau beberapa kali. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَلَوْلَا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاءَ اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ ۚ إِن تَرَنِ أَنَا أَقَلَّ مِنكَ مَالًا وَوَلَدًا الكهف [39] Listen
And why did you, when you entered your garden, not say, 'What Allah willed [has occurred]; there is no power except in Allah '? Although you see me less than you in wealth and children, Al-Kahf ( The Cave ) [39] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi