Jumat, 14/06/2024 - 20:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Ini Cara Pamungkas Memenangkan Argumen atau Perdebatan

JAKARTA — Ingin memenangkan lebih banyak argumen atau perdebatan? Gunakan cara sederhana ini, yakni jaga agar penjelasan kita tetap singkat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Semakin banyak poin yang ditambahkan pada argumen kita, maka semakin tidak persuasif argumen tersebut,” kata profesor perilaku organisasi di London Business School, Niro Sivanathan, dilansir CNBC, Ahad (19/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kebanyakan orang salah mengira bahwa untuk memenangkan hati orang lain, kita perlu memberi mereka banyak data. Padahal tidak begitu, kegagalan bukan pada kontennya, tapi cara penyampaiannya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Hal itu disebut dilution effect. Klaim kita yang paling kuat akan mempermudah klaim yang lebih lemah. Orang-orang yang mendengarkan, akan mengingat rata-rata persuasif dari setiap poin terkuat yang kita sampaikan.

Misalnya, jika kita mencoba meyakinkan teman kita bahwa New York adalah kota terbaik di dunia, maka kita dapat menyebutkan pizza, pertunjukan Broadway, angkutan umum, dan Times Square. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Tergantung pada audiens kita, beberapa poin tersebut akan lebih persuasif dibandingkan yang lain, dan lebih baik kita menggunakan poin yang paling mungkin memenangkan hati teman kita.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Jin BTS Selesai Wamil Pekan Depan, Saham Hybe Menguat
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Lebih sedikit lebih baik. Jika kita hanya mempunyai satu argumen utama, percayalah dan utarakan argumen tersebut, daripada merasa perlu menyebutkan banyak argumen lainnya,” kata Sivanthan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Namun, menurut penelitian Sivanthan pada 2017, kebalikan dari strategi ini pun juga bisa berhasil. Setelah menonton iklan obat, konsumen lebih cenderung memandang suatu obat dengan baik ketika perusahaan tersebut mencantumkan efek samping sedang setelah efek samping yang parah.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Menggunakan dilution effect untuk membuat argumen kita lebih persuasif bisa menjadi perbaikan yang sangat mudah. Ini dapat membantu kita mendapatkan pekerjaan, mempersingkat presentasi, dan membuat perdebatan di meja makan menjadi lebih ramah.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

Memang diperlukan pengendalian diri. Setelah kita mengutarakan argumen inti, kita harus merasa nyaman membiarkannya diam sampai orang lain siap merespons. Jika tidak, kita akan secara tidak sengaja melompat lagi dengan poin tambahan yang lebih lemah.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

“Orang-orang kesulitan dengan keheningan. Ketika ada ruang kosong, kita sering merasa perlu mengisinya dengan kata-kata,” ujar Sivanthan.

Berita Lainnya:
Ingat Film Legally Blonde? Reese Witherspoon Sebut Bakal Ada Prekuelnya

Ini adalah kesalahan umum. “Kita akan melihat ini dalam kampanye dan debat politik. (Mereka) seharusnya berhenti setelah (poin) nomor dua, tapi mereka tidak peduli dan akan pergi ke poin tiga atau empat,” kata Sivanthan

Diam adalah alat negosiasi yang ampuh, dan seringkali menghasilkan hasil yang lebih baik bagi kedua belah pihak.

Seorang miliarder investor di “Shark Tank” ABC, Mark Cuban, sering menggunakan strategi itu. Setelah seorang kontestan melakukan promosi, dia cenderung diam, sementara panelis lain berdebat dan membahas detailnya.

Jika dia memutuskan untuk membuat tawaran investasi, itu terjadi setelah dia punya waktu untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan dari setiap kesepakatan potensial.

“Semakin kita memperhatikan dan semakin sadar, semakin besar peluang kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Diam adalah uang di bank,” kata dia dalam sebuah wawancara.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَإِن طَلَّقْتُمُوهُنَّ مِن قَبْلِ أَن تَمَسُّوهُنَّ وَقَدْ فَرَضْتُمْ لَهُنَّ فَرِيضَةً فَنِصْفُ مَا فَرَضْتُمْ إِلَّا أَن يَعْفُونَ أَوْ يَعْفُوَ الَّذِي بِيَدِهِ عُقْدَةُ النِّكَاحِ ۚ وَأَن تَعْفُوا أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۚ وَلَا تَنسَوُا الْفَضْلَ بَيْنَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ البقرة [237] Listen
And if you divorce them before you have touched them and you have already specified for them an obligation, then [give] half of what you specified - unless they forego the right or the one in whose hand is the marriage contract foregoes it. And to forego it is nearer to righteousness. And do not forget graciousness between you. Indeed Allah, of whatever you do, is Seeing. Al-Baqarah ( The Cow ) [237] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi