Senin, 27/05/2024 - 22:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Korsel dan Jepang Sepakati Kerja Sama Teknologi

Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

PALO ALTO — Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, menandatangani kerja sama rantai pasokan energi bersih, komputer kuantum dan inovasi teknologi lainnya dalam pertemuan di Silicon Valley, California, Amerika Serikat (AS).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Fumio mengatakan kerja sama ini upaya terbaru negara bertetangga itu untuk meningkatkan hubungan setelah apa yang ia sebut “kesulitan mendalam.” Kedua negara mencoba memperbaiki hubungan tahun ini.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kedua pemimpin bertemu beberapa kali usai pertemuan Camp David dengan Presiden AS Joe Biden bulan Agustus lalu. Yoon dan Kim bertemu dengan Biden di sela pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Dengan kekhawatiran pada agresivitas Cina dan ambisi nuklir dan rudal Korea Utara (Korut), Washington mendorong dua sekutu terbesarnya memperbaiki hubungan. Hubungan Seoul dan Tokyo sempat merenggang karena masalah kerja paksa selama penjajahan Jepang di Semenanjung Korea dari 1910-1945.

Berita Lainnya:
Hamas Kunjungi Mesir untuk Lanjutkan Pembicaraan Gencatan Senjata

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Pada Jumat (17/11/2023) selain menandatangani kerja sama ekonomi dan militer, Yoon dan Kashida memberi sinyal kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi inti hubungan kedua negara. Mereka berbicara pentingnya berbagi teknologi dengan negara yang memiliki “visi yang sama.”

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Yoon mencatat inovasi seperti komputer kuantum akan memilik dampak pada keamanan nasional. Ia mengatakan kerja sama pengembangan teknologi itu harus dilakukan dengan negara-negara yang memiliki nilai-nilai yang sama.

ADVERTISEMENTS

Kishida mengatakan  ia tidak sabar untuk mengumumkan jaringan pasokan bersama dengan Korsel untuk bahan bakar netral karbon seperti hidrogen dan amonia.

ADVERTISEMENTS

“Tidak ada satu negara pun yang dapat mempertahankan dirinya sendiri, begitu pula dengan teknologi – tidak ada satu negara pun yang dapat mengubah dunia,” kata Kishida.

Berita Lainnya:
Palestina Terus Melawan, Sembilan Tank Merkava Israel Hancur

Kedua pemimpin tersebut memberikan pidato pembukaan dari podium di sisi berseberangan dari panggung. Mereka mengakhiri acara dengan mengenakan topi bisbol Stanford, mengangkat kepalan tangan dan tersenyum bersama kepada para mahasiswa dan profesor yang hadir.

Keduanya menonton pertandingan sepak bola tahunan “Big Game” antara Stanford dan saingannya dari San Francisco Bay Area, University of California, Berkeley, yang akan diadakan pada hari Sabtu.

“Namun bagi Presiden Yoon dan saya sendiri, ini adalah Big Game,” kata Kishida.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi