Selasa, 30/04/2024 - 02:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Mengapa Gelang Coldplay yang Dipakai Penonton Saat Konser Harus Dikembalikan?

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Konser Coldplay “Music of the Spheres World Tour 2023” telah digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada 15 November 2023. Di samping aksi panggung yang mengesankan, band asal Inggris itu juga dikenal sebagai musisi yang aktif menyuarakan kepedulian terhadap lingkungan dan iklim. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pada konser di Jakarta yang dihadiri kurang lebih 80 ribu orang itu juga terdapat gelang aksesori wristband atau yang disebut Xylobands. Gelang LED ini dibagikan ke penonton untuk membantu pencahayaan selama konser agar lebih memeriahkan pertunjukan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Namun gelang ini harus dikembalikan alias jangan dibawa pulang oleh penonton. Hal ini tidak terlepas dari misi lingkungan yang kerap digaungkan Coldplay. Gelang-gelang tersebut akan dipakai lagi untuk konser berikutnya agar tidak perlu dibuat lagi yang baru.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tingkat pengembalian gelang konser di beberapa negara diketahui mencapai di atas 90 persen. Misalnya, Jepang 97 persen, Denmark 96 persen, Swedia 94 persen, dan Taiwan 93 persen.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Pernikahan Abby-Brittany Viral, Kembar Siam Pemilik 2 Kepala 1 Tubuh

“Kira-kira berapa persen tingkat pengembalian di Jakarta? Ini digunakan kembali di konser Coldplay selanjutnya. Banyangin aja tiap konser lebih dari 50 ribu penonton dan ada 165 pertunjukan. Jadi kalau gak dikembalikan berapa banyak yang harus dicetak ulang?,” tulis seorang pengguna Tiktok, @KangAgis, dikutip Senin (20/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Persentase pengembalian Indonesia juga diketahui belum diumumkan. Karena itulah banyak yang mengira angka pengembalian ini tidak ditampilkan karena mungkin memalukan.

Pengembalian ini bisa dilakukan setelah konser dengan hanya melemparkan gelang ke wadah-wadah besar yang sudah disediakan. Sejumlah warganet berkomentar bahwa penonton di Indonesia, banyak yang membawa pulang gelang karena untuk dijadikan kenang-kenangan. Bahkan ada juga yang mengaku tidak tahu gelang tersebut harus dikembalikan.

Menurut laman Pixmob, Coldplay terus ingin berinovasi melakukan tur secara berkelanjutan dan ramah lingkungan. Oleh karena itu, dalam misi ini juga diciptakan gelang dengan casing yang seluruhnya terbuat dari bahan ramah lingkungan. Gelang 7-LED baru ini adalah gelang plastik berbasis nabati pertama yang dapat dibuat kompos di dunia, dan bersumber dari tebu terbarukan. Bahan mentah untuk gelang ini ditanam berdasarkan “Kode Etik Pemasok”, yang menetapkan praktik keberlanjutan yang diaudit oleh pengawas pihak ketiga. Bahan ini tidak memiliki dampak penggundulan hutan atau perpindahan pasokan makanan. 

Berita Lainnya:
Putri Tunggal Kurt Cobain Peringati 30 Tahun Wafatnya Sang Ayah

Plastik PLA olahan yang digunakan dalam gelang 7-LED memiliki jejak karbon 400 persen lebih rendah dibandingkan plastik biasa (PET) pada 500 kg CO2 eq./ton polimer. Dengan 17 gram plastik PLA di setiap gelang 7-LED, total emisi untuk 1 juta unit diperkirakan mencapai 8.500 kilogram CO2 eq. Menurut US EPA, jumlah ini setara dengan 1,8 mobil yang dikendarai selama setahun, dengan karbon dapat diserap oleh 141 pohon yang ditanam selama 10 tahun.

 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi