Jumat, 03/05/2024 - 07:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Pemerintah Bangun Industri Pupuk di Papua Karena Dekat Suplai Gas  

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah membangun industri pupuk di Distrik Arguni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, karena dekat dengan suplai gas sebagai bahan bakunya. Dalam rilis Kementerian ESDM, yang dikutip di Jakarta, Jumat (24/11/2023), Presiden menjelaskan proyek industri pupuk itu menjadi bagian dari hilirisasi sektor energi dan sektor terkait lainnya, yang bertujuan meningkatkan ekonomi wilayah dan memenuhi kebutuhan industri hilir domestik.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Oleh sebab itu, setelah mendengar ada rencana ini, segera dieksekusi agar kawasan timur punya industri pupuk dan alasan dibangun di sini karena dekat dengan suplai gasnya,” jelas Jokowi saat peletakan batu pertama (groundbreaking) Proyek Strategis Nasional Kawasan Industri Pupuk Fakfak di Distrik Arguni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Kamis (23/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi antara lain Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. Presiden Joko Widodo menyambut baik pembangunan tersebut agar kawasan timur Indonesia memiliki industri pupuk sendiri.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jokowi Sengaja "Tanam" Gibran demi Investasi Jangka Panjang
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Sudah 40 tahun kita memiliki lima industri pupuk, semuanya berada di kawasan barat negara kita Indonesia, yang kawasan timur belum ada sama sekali,” ujar Jokowi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan pasokan gas untuk Kawasan Industri Pupuk Fakfak akan dipasok dari Lapangan Gas Asap, Kido, Merah (AKM), yang juga segera dimulai pengembangannya di wilayah Teluk Bintuni, Papua Barat.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Proyek AKM merupakan pendukung pengembangan petrokimia pertama di Indonesia bagian timur dengan suplai gas ke Pupuk Kaltim di Fakfak,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Proyek AKM dioperasikan Genting Oil Kasuri Pte Ltd (GOKPL) sebagai operator di Wilayah Kerja Kasuri dan telah memperoleh persetujuan revisi POD 1 pada Februari 2023 untuk mengembangkan Lapangan AKM, dengan reserve gas sebesar 2,6 TSCF.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
KCIC: 225.000 Penumpang Gunakan Whoosh Selama Periode Lebaran 2024

Lapangan tersebut akan memproduksi cadangan gas (gross) sebesar 2.244,45 BSCF serta kondensat sebesar 5,4 MMSTB. Total nilai investasi proyek ini senilai 3,37 miliar dolar AS.

“Pengembangan Lapangan AKM ini diharapkan akan memberikan kontribusi secara langsung pada target produksi nasional sebesar satu juta barel di tahun 2030 dan penyerapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Teluk Bintuni dan Fakfak pada masa konstruksi,” kata Agus Cahyono.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi