Kamis, 16/05/2024 - 03:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Gelar Seminar Upgrading Skill, Mahasiswa Serukan Komitmen Jaga Lingkungan

SURABAYA- Setelah seminggu lalu, mengadakan kampanye Gerakan No Food Waste (GWS) di CFD Taman Bungkul dan Masjid Al- Akbar, Surabaya. Kali ini, sekumpulan Mahasiswa Magang LMI Batch 5 kembali menggelar Seminar Upgrading Skill, Gerakan No Food Waste (GWS) untuk mengkaji permasalahan lingkungan, terutama limbah makanan.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Afnan Amiludin, Wakil Ketua Pelaksana mengungkapkan keprihatinan terhadap ketidaktahuan masyarakat akan isu sampah makanan sehingga menyisakan makanan tampak sudah menjadi sebuah kebiasaan. Sama halnya dengan sampah plastik, limbah sisa makanan menjadi ancaman serius terhadap lingkungan. Hal itulah yang menginisiasi sekumpulan mahasiswa ini untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat terkait bahayanya food waste. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Minggu lalu, kami sempat mengadakan survei tingkat pengetahuan masyarakat terkait food waste, ternyata masih banyak masyarakat yang belum paham. Mereka mengira kalau sampah sisa makanan itu bisa terurai sendiri dengan cepat. Padahal, tidak semudah itu. Sampah makanan juga berbahaya terhadap lingkungan,” jelas Afnan saat ditemui usai acara di Gedung Pascasarjana Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dalam siaran persnya, Sabtu (25/11/2023). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
WCIJ, Sekolah Asal Inggris Pertama Buka di Jakarta

Selaras dengan itu, Dwi Arif Fiandita, Manajer Patnership Garda Pangan menyampaikan untuk tidak berpikiran menyisakan makanan sehingga nanti akan menjadi kompos. Hal tersebut karena langkah pertama untuk tidak merusak lingkungan adalah usaha menghabiskan makanan kita.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Sampah sisa makanan juga berkontribusi dalam perubahan iklim. Saat ini saja, dampaknya sudah dapat dirasakan. Semakin hari, suhu di bumi ini semakin panas,” ungkap Arif, sapaan akrabnya. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia menambahkan, saat ini pembahasan sampah makanan masih kurang menjadi perhatian di masyarakat. Namun, pada kenyataannya sampah makanan memberikan pengaruh terhadap peningkatan global boiling dan menipisnya lapisan ozon. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

 Lebih lanjut, agenda yang bertajuk “Upgrading Skill Food Waste Warriors” dihadiri oleh puluhan masyarakat, baik dari mahasiswa, Amil, aktivis lingkungan. Mereka terlihat antusias dalam mendengarkan materi sekaligus aktif memberikan tanggapan, hingga diskusi. Turut hadir mitra kolaborasi dalam kegiatan ini, yaitu Garda Pangan, BEM PENS, Sosmas BEM PENS. 

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Agung Wicaksono, Direktur Utama LMI mengapresiasi langkah awal yang diinisasi oleh puluhan mahasiswa ini terhadap masalah lingkungan. Dimulai dari aktivitas kecil dengan tidak menyisakan makanan akan berdampak besar bagi keberlangsungan bumi. 

ADVERTISEMENTS

“Seminar ini menjadi wadah yang tepat bagi sitivitas akademika maupun praktisi untuk berdialog menyampaikan gagasan- gasasannya, khusunya mengenai permasalahan lingkungan. Saya harap seminar ini tidak hanya menambahkan wawasan terkait food waste, tapi juga mengubah perilaku dan pola pikir masyarakat terhadap sampah makanan,” ungkap  Awie. 

Berita Lainnya:
FKK UMJ Gelar Angkat Sumpah Dokter Angkatan ke-54

Sebagai informasi, pada hari yang sama, para food waste warriors tersebut membagikan sisa makanan layak konsumsi yang sudah dihimpun dari mitra- mitra sebelumnya, seperti Namira Hotel, Riceout, Parisienne, dan Viriya Bala. Puluhan sisa makanan tersebut didistribusikan ke beberapa titik lokasi antara lain, Jl. Bratang – Jagir, Wonokromo- Joyoboyo, Jl. Soponyono, Jl. Manyar- Kertajaya, dan Jl. Gubeng.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi