Selasa, 21/05/2024 - 04:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Selasa Kampanye Dimulai, Wapres Ingatkan Kontestan Bermain Bersih

BRATISLAVA — Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan seluruh pejabat negara, penyelenggara Pemilu hingga kontestan Pemilu bermain bersih. Hal ini ditegaskan Wapres berkaitan pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 yang akan dimulai pada Selasa (28/11/2023) mendatang. Ma’ruf menekankan kepada seluruh pihak untuk menaati aturan-aturan Pemilu.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Jangan sampai ada tindakan-tindakan yang bisa menimbulkan keterbelahan masyarakat, itu bagi pelaku. Dan penyelenggara pemilu bersikap adil, begitu juga keamanan harus bersikap netral, ASN semuanya. Kita harapkan kampanye nanti itu berjalan dengan jurdil,” ujar Ma’ruf dalam keterangan persnya usai berdialog dengan WNI di Bratislava, Slovakia, Ahad (26/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ma’ruf mengatakan, untuk memastikan pemilu berjalan jurdil maka penyelenggara Pemilu harus netral. Karena itu, ia meminta KPU dan Bawaslu untuk tidak memihak salah satu kontestan.

Berita Lainnya:
Kasus Guru Terjerat Pinjol Puncak Kegagalan Nadiem Jadi Mendikbud

Begitu juga para pejabat baik penjabat kepala daerah, pejabat hingga ASN. Sedangkan untuk masyarakat, ia mengimbau agar tidak terprovokasi terhadap isu-isu hoaks maupun yang memicu keterbelahan.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Masyarakat jangan terprovokasi dengan isu-isu yang bisa membelah, isu-isu disinformasi, hoax, yang pasti ketika mengadakan Pemilu, selalu ada, tidak boleh terprovokasi dengan isu-isu yang tidak baik serta disinformasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurutnya, pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil akan menentukan kualitas hasil demokrasi. Menurutnya, jika Pemilu berlangsung akan menguatkan legitimasi hasil Pemilu.

Hal ini disampaikan Ma’ruf saat ditanyai salah seorang WNI yang tinggal di Wina, Austria Mahardi terkait pelaksaaan Pemilu mendatang. “Kalau pemilihan umum itu nanti dianggapnya tidak jurdil itu kan kualitas demokrasi kita akan rusak, dianggap cacat lah,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Untuk itu, ia menegaskan kembali netralitas dalam pemilu untuk seluruh pejabat negara, penyelenggara Pemilu. “Mengenai pemilihan umum, saya kira seperti tadi yang saya katakan, kita berharap pemilihan umum ini berjalan fair, netral, tidak ada pejabat pelaksana tugas (tidak netral) dan juga para pemainnya sendiri harus bermain bersih, tidak ada yang tidak bersih,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Berita Lainnya:
Celah Penyebab Terjadinya Pelanggaran Pemilu Menurut MK

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi