Senin, 06/05/2024 - 13:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

TNI dan Polri Didorong Gunakan Kendaraan Listrik

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) didorong menggunakan kendaraan listrik (EV) seperti bus maupun motor listrik. Jika kedua lembaga keamanan negara itu sudah menggunakan EV, masyarakat dipastikan akan mencontoh.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Saya masih ingat betul apa yang disampaikan Pak Luhut (Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim) waktu itu. Kita harapkan kendaraan listrik harus bisa segera digunakan TNI dan Polri,” ujar Ketua Umum Asosiasi Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia mengungkapkan, saat ini Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sudah mulai memanfaatkan kendaraan listrik. Bahkan, sebagian kendaraan operasional dan patroli kedua lembaga tersebut sudah ada yang menggunakan kendaraan listrik.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Moeldoko: PEVS Jadi Pameran Kendaraan Listrik Terbesar di Asia Tenggara
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Sudah ada kerja sama atau sudah pesan ke beberapa brand (kendaraan listrik). Unsur-unsur yang saya sebutkan tadi itu digunakan untuk kendaraan operasional, patroli, dan pengawalan,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Budi menuturkan, di DKI Jakarta sendiri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan, masing-masing telah memesan sekitar 100 ribu kendaraan listrik. Polri pun, kata dia, sudah cukup banyak melakukan pesanan kendaraan listrik, namun ia mengaku tidak tahu jumlah pastinya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“TNI juga saya kira banyak. Ini besok dengan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah), karena ini kan skemanya melibatkan pembelian menggunakan proses LKPP,” jelas dia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Apakah Pengisian Cepat DC Buruk Bagi Baterai Mobil Listrik?

Aismoli pun mengusulkan tanggal 29 November sebagai Hari Sepeda Motor Listrik Nasional. Mereka turut mengajak sejumlah pemangku kepentingan meliputi pemerintah, asosiasi, dan TNI agar mencanangkan hari itu.

“Kami mengusulkan 29 November ini sebagai hari sepeda motor listrik nasional. Walau hanya sebagai hari pecanangan, tapi diharapkan gaungnya akan besar,” ujar Budi.

Menurutnya, semakin banyak masyarakat yang mengetahui soal motor listrik, maka akan semakin banyak yang beralih ke kendaraan yang diklaim lebih ramah lingkungan itu. Ia menuturkan, penggunaan kendaraan listrik, terutama motor listrik sudah sangat mendesak. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi