Jumat, 17/05/2024 - 08:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Dubes Korsel: Kata Pertama Gambarkan Banyak Hubungan dengan Indonesia

 JAKARTA — Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Korea Selatan telah memasuki tahun ke-50. Duta Besar Korea Selatan (Korsel) di Indonesia Lee Sang-Deok melihat hubungan kedua negara sangat identik dengan kata pertama dalam banyak bidang.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Kata ‘pertama’ atau ‘satu-satunya’ sering dikaitkan untuk membicarakan hubungan Korsel dan Indonesia,” ujar Lee dalam pembukaan forum peringatan 50 tahun hubungan diplomatik dan kerja sama Korea Selatan-Indonesia dengan tema ‘K-Wave & I-Wave, Together for the Future’ pada Kamis (30/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Lee menjelaskan, Indonesia merupakan negara pertama yang menjadi tujuan investasi asing langsung Korsel dan ekspor manufacturing plant. Kemudian Indonesia juga menjadi negara pertama untuk Korsel mengembangkan ladang minyak di luar negeri.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Rektor Paparkan Empat Program Unggulan USK di Korea Selatan

Selain itu, Korsel mendirikan kantor cabang KIOC di luar negeri pertama kali di Indonesia. Kemudian, Indonesia juga menjadi negara satu-satunya yang menjalin hubungan //special strategic partnership// dengan Korsel di kawasan Asia Tenggara.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Lee juga menyoroti kedekatan kedua negara dengan kunjungan yang berkelanjutan. Presiden Korsel Yoon Suk Yeol semenjak pelantikannya pada Mei 2022 telah empat kali bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Memperkuat kerja sama antar kedua negara adalah suatu keharusan, bukan pilihan,” ujar Lee.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Menurut Lee, sikap tersebut diperlukan saat dinamika perubahan lingkungan saat ini, seperti persaingan Amerika Serikat dengan Cina. Kondisi ini membuat hubungan kedua negara dapat terus diperkuat dengan keterlibatan di berbagai bidang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Niat Kerja di Korea Selatan? Intip Bocoran Lowongan Profesinya

Lee mengatakan, investasi dan partisipasi dari banyak perusahan Korsel semakin meluas. Dia mencontohkan dengan bidang manufaktur hingga pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

ADVERTISEMENTS

Untuk memaparkan visi dan aksi lanjutan yang bisa dilakukan kedua pihak dari berbagai pihak, menurut Lee, forum peringatan 50 tahun diharapkan menjadi gambaran langkah di tahun-tahun selanjutnya. Kegiatan ini pun membahas berbagai bidang, termasuk diplomasi, kebudayaan, infrastruktur, perubahan iklim, ekonomi, dan lainnya.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi