Minggu, 25/02/2024 - 09:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Sembarang Minum Antibiotik, Risikonya Bisa Fatal untuk Tubuh

ADVERTISEMENT

Obat-obatan (ilustrasi). Ketika kuman penyebab penyakit menjadi resisten terhadap antibiotik, penderita akan sulit sembuh.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

JAKARTA — Sebagian orang masih mengira mereka membutuhkan antibiotik setiap kali jatuh sakit. Padahal, penggunaan obat antibiotik secara asal atau tidak tepat dapat berakibat fatal pada tubuh manusia.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

“Antibiotik itu dipakai kalau ada infeksi bakteri dan untuk penangan kondisi yang mengancam nyawa, yang mungkin ada tanda infeksi,” kata dokter spesialis anestesi dan konsultan perawatan intensif Pratista Hendarjana saat gelar wicara daring, Rabu (29/11/2023).

ADVERTISEMENT
Berita Lainnya:
BPOM Prediksi 10 Juta Kematian Terjadi di 2050 Akibat Resistensi Antimikroba

Pratista mengingatkan agar masyarakat tidak mudah mencari antibiotik saat sakit, apalagi ketika sakit ringan di rumah. Ia menjelaskan antibiotik harus didapatkan dengan resep dokter.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

Apa risikonya jika antibiotik digunakan dengan tak semestinya? Bila salah penggunannya, seperti takaran dosis atau jenis obat yang tidak sesuai, obat keras tersebut dapat menimbulkan Resistensi Antimikroba atau Antimicrobial Resistance (AMR).

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Kenali Gejala Kanker pada Anak

AMR merupakan kondisi ketika bakteri, virus, jamur, dan parasit tidak lagi merespons obat-obatan antimikroba. Kuman biang penyakit menjadi kebal atau resisten terhadap antibiotik, yang akhirnya menyebabkan pasien sulit sembuh.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi