Selasa, 27/02/2024 - 19:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Usai Revitalisasi, Pedagang Pasar Sentul Yogyakarta Bisa Berdagang Kembali pada Februari

ADVERTISEMENT

Pedagang ikan segar di lokasi shelter relokasi sementara Pasar Sentul, Pandeyan, Yogyakarta.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

 YOGYAKARTA – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta menyebutkan bahwa revitalisasi Pasar Sentul akan rampung pada 25 Desember 2023. Usai pembangunan, para pedagang dapat kembali ke pasar pada sekitar Februari 2024.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta Hari Setyowacono menjelaskan, perkembangan pembangunan Pasar Sentul saat ini sudah mencapai sekitar 91 persen. Realisasi pembangunan itu ada deviasi plus 0,2 persen dari target artinya ada kemajuan atau lebih cepat. Target pembangunan Pasar Sentul selesai 25 Desember 2023.

ADVERTISEMENT
Berita Lainnya:
15 Eks Pimpinan KPK Turun Gunung Melihat Jokowi: Negeri Ini di Ambang Bahaya Kalau Kita Biarkan Terus

“Harapan kita bisa terselesaikan tepat waktu. Kita tetap mengejar syukur-syukur pada tanggal 20 Desember bisa selesai seratus persen. Pekerjaan yang belum selesai misalnya kita membuat railing(pagar), berkaitan dengan memfungsikan untuk eskalator dan juga koneksi listrik PLN,” ujar Hari saat meninjau pembangunan Pasar Sentul, Jumat (1/12/2023).

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

Pasar Sentul dibangun dengan bangunan dua lantai ditambah rooftop. Konsep pembangunan Pasar Sentul pada bagian fasad bangunan menggunakan gaya arsitektur Indis. Pembangunan Pasar Sentul menggunakan anggaran sekitar Rp 22 miliar dari Dana Keistimewaan DIY yang dikelola dalam APBD Kota Yogyakarta tahun 2023.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani menyampaikan dimungkinkan perpindahan pedagang kembali ke Pasar Sentul pada akhir Februari. Itu karena setelah pembangunan Pasar Sentul selesai, masih ada pemeliharaan, menyiapkan penataan pedagang dan branding serta penanda zonasi pedagang dan lainnya.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action
Berita Lainnya:
Film Kontroversial Dirty Vote Ditonton 1,2 Juta Lebih Penonton dalam Waktu Singkat, Zainal: Melawan Sehormat-hormatnya

“Total pedagang Pasar Sentul ada 529 pedagang dan ditambah untuk memfasilitasi pedagang di Sewandanan sehingga total menjadi 695 pedagang,” ujar Vero.

Ia memaparkan, lantai bawah rencananya untuk zona pedagang kering, lantai dua untuk zona basah seperti daging dan lainnya. Kemudian di lantai atas rooftop untuk kuliner.

“Kuliner (rooftop) ini merupakan penataan kawasan cagar budaya Pakualaman, sehingga nanti yang masuk adalah pedagang-pedagang dari Sewandanan,” kata Vero.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi