Rabu, 28/02/2024 - 23:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Petani Sedikit, Produktivitas Pertanian Lebih Rendah Dibandingkan Sektor Lain

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Plt. Kepala Badan Pusat Statistik Amalia Adininggar Widyasanti menyampaikan, produktivitas masih menjadi tantangan di sektor pertanian. Walaupun menjadi motor perekonomian Indonesia, produktivitas sektor pertanian jauh lebih rendah dibandingkan sektor industri pengolahan.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

“Produktivitas sektor pertanian kira-kira hanya seperenam dari produktivitas sektor pengolahan,” kata Amalia dalam acara Diseminasi Hasil Sensus Pertanian 2023 Tahap 1 di Jakarta, Senin (4/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Ia melanjutkan, yang juga selalu dibahas di berbagai forum peningkatan pekerja informal yang kita lihat mulai meningkat pascapandemi Covid-19 ternyata juga terjadi di sektor pertanian. Karena itu, pekerja yang berstatus di sektor pertanian sejak 2013 sampai saat ini mendominasi total pekerja yang bekerja di sektor pertanian. 

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj
Berita Lainnya:
Naiknya Harga Beras Bisa Picu Inflasi Bulanan Februari Lebih Tinggi

Rendahnya produktivitas juga memiliki korelasi dengan penduduk yang bekerja di sektor pertanian dengan status informal dengan persentase mencapai 88,42 persen. Proporsi tersebut meningkat dibandingkan 2013 yang berada pada kisaran 88 persen.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

“Rendahnya produktivitas di sektor pertanian salah satunya juga dikontribusikan karena tenaga kerja pertanian atau mayoritas hanya menamatkan pendidikan sekolah dasar atau sekitar 75 persen tenaga kerja pertanian hanya mengalami pendidikan paling tinggi di sekolah dasar,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Impor Kereta Lebih Pilih dari China, KAI: Lebih Sesuai Kebutuhan Kita

Tantangan lain di sektor pertanian adalah kemiskinan yang terpusat di sektor pertanian. Sebagian besar rumah tangga miskin, yakni 48,86 persen memiliki sumber penghasilan utama dari sektor pertanian. Sedangkan sisanya berasal dari sektor industri sebanyak 17,96 persen, tidak bekerja 12,07 persen dan 21,11 persen merupakan faktor lainnya.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

 

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi