Senin, 04/03/2024 - 08:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Agar Masa Pakai Baterai Android Lebih Lama, Ini Rahasianya

 JAKARTA—Di era yang serbacepat saat ini, ponsel pintar telah menjadi alat yang sangat diperlukan untuk berkomunikasi, informasi, dan hiburan. Namun, dengan penggunaan yang terus-menerus, baterai ponsel cenderung cepat habis, sehingga pengguna kerap butuh melakukan pengisian daya listrik. 

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

Beberapa pengguna Android kerap ingin memperpanjang masa pakai baterai dan menghindari kesulitan mendapatkan listrik. Berikut panduan untuk membuat masa pakai baterai Android lebih lama dan bertenaga sepanjang hari, seperti dilansir dari Gizchina, Rabu (6/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

 

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

1. Aktifkan Baterai Adaptif

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

Fitur Baterai Adaptif Android adalah alat luar biasa yang mempelajari pola penggunaan dan mengoptimalkan kinerja baterai. Ini mengidentifikasi aplikasi yang paling sering Anda gunakan dan memprioritaskan alokasi daya untuk aplikasi tersebut, sekaligus mengurangi aktivitas latar belakang untuk aplikasi yang jarang digunakan. Manajemen daya cerdas ini memastikan baterai diarahkan ke aplikasi yang paling penting bagi. Memastikan fitur ini tetap aktif setiap saat akan membantu mengurangi konsumsi baterai harian. Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

ADVERTISEMENTS

-Buka Pengaturan: Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

-Navigasikan ke Pengaturan Baterai: Gulir ke bawah dan cari opsi “Baterai” atau “Perawatan baterai & perangkat”. Ketuk untuk masuk ke pengaturan baterai

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Apple Klaim Baterai iPhone 15 Punya Masa Pakai Dua Kali Lipat dari yang Dijanjikan 

-Temukan Baterai Adaptif: Cari opsi yang disebut “Baterai Adaptif” atau yang serupa. Ini mungkin berada di bawah submenu seperti “Pengoptimalan baterai” atau “Manajemen daya”

-Aktifkan Baterai Adaptif: Setelah Anda menemukan Baterai Adaptif, alihkan tombol untuk mengaktifkannya. Beberapa perangkat mungkin memiliki opsi berbeda seperti “Mode Performa” dan “Baterai Adaptif”; dalam hal ini, pilih Baterai Adaptif.

-Pengaturan Tambahan (jika tersedia). Jelajahi opsi ini jika tersedia untuk menyesuaikan preferensi Anda.

Setelah mengaktifkan Baterai Adaptif, perangkat Anda akan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengoptimalkan penggunaan baterai, meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan dengan membatasi aktivitas latar belakang untuk aplikasi yang jarang digunakan.

 

2. Perhatikan Aplikasi yang Menguras Baterai 

Aplikasi tertentu mungkin memakan daya baterai secara berlebihan, Untuk mengidentifikasi aplikasi yang haus daya ini, navigasikan ke Pengaturan > Baterai dan periksa bagian ‘Penggunaan Baterai’. Daftar ini akan mengungkapkan aplikasi yang paling banyak menghabiskan daya. Pertimbangkan untuk membatasi aktivitas latar belakang aplikasi ini atau, jika memungkinkan, beralihlah ke alternatif yang lebih hemat baterai. 

 

3. Gunakan Mode Gelap

Mode gelap dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel cerdas secara signifikan, terutama yang memiliki layar OLED. Layar OLED memancarkan cahaya pada tingkat piksel, artinya hanya piksel yang perlu menyala saja yang menyala. Hal ini berbeda dengan layar LCD, yang menyinari seluruh layar, meskipun hanya sebagian kecil layar yang menampilkan gambar.

Berita Lainnya:
Penjual Soto Ketularan Demam Apple Vision Pro

Beberapa faktor tambahan yang dapat memengaruhi seberapa banyak masa pakai baterai yang dihemat mode gelap adalah kecerahan layar, jenis aplikasi yang digunakan, usia baterai.

 

4. Nonaktifkan Fitur yang Tidak Diperlukan

Fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan layanan lokasi menghabiskan daya saat aktif, meskipun tidak digunakan secara langsung. Pertimbangkan untuk menonaktifkan fitur ini bila tidak diperlukan untuk menghemat daya baterai. Misalnya, matikan Wi-Fi saat Anda jauh dari rumah atau nonaktifkan Bluetooth saat Anda tidak terhubung ke perangkat apa pun.

Pertimbangkan juga fitur-fitur seperti kecepatan refresh tinggi dan konektivitas jaringan 5G. Anda dapat mengurangi kecepatan refresh ponsel cerdas Anda menjadi 60Hz atau 90Hz untuk menghemat daya baterai. Beberapa faktor berkontribusi terhadap konsumsi daya 5G yang lebih tinggi, seperti akuisisi dan pemeliharaan sinyal, pemrosesan data,, amplifikasi daya RF, cakupan jaringan dan pengoptimalan aplikasi.

 

5. Optimalkan Layanan Lokasi

Layanan lokasi sangat penting untuk navigasi dan fungsionalitas aplikasi, namun juga dapat menguras baterai secara signifikan. Untuk mengoptimalkan layanan lokasi, alihkan ke mode ‘Akurasi tinggi’ hanya bila diperlukan, misalnya saat menggunakan aplikasi navigasi. Untuk tugas sehari-hari, pertimbangkan untuk menggunakan mode ‘Hemat baterai’, yang membatasi pembaruan lokasi hanya untuk aplikasi penting.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi