Sabtu, 27/07/2024 - 12:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dokter Rekomendasikan Imunisasi Lengkap Cegah Anak Kena Mycroplasma Pneumonia

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Cipto Mangunkusumo Jakarta Nastiti Kaswandani merekomendasikan imunisasi lengkap pada anak. Tujuannya, untuk mencegah koinfeksi penyakit mycroplasma pneumonia.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

“Laporan setelah Covid-19 maupun sebelum Covid-19, ketika anak itu dirawat karena gejala Infeksi Saluran Napas Akut (ISPA), termasuk pneumonia sering kali tidak hanya satu penyebabnya, misalnya bakteri, adeno virus dengan bakteri pneumokokus, adeno virus dengan influenza,” kata Nastiti dalam konferensi pers terkait mycroplasma pneumonia diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Umumnya, pasien anak dengan keluhan pneumonia bergejala berat sering kali terdeteksi lebih dari satu jenis virus atau bakteri, maupun kombinasi keduanya. Salah satunya seperti yang berhasil dideteksi pihak Rumah Sakit Medistra Jakarta terhadap salah satu pasien anak terkonfirmasi mycroplasma pneumonia.

Berita Lainnya:
6 Cara Sederhana Cegah Demensia
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

“Kasus di Medistra saya duga itu terdeteksi dari suatu pemeriksaan yang namanya multiplex syndromic testing, artinya dengan satu pemeriksaan swab saja bisa mendeteksi beberapa jenis virus dan bakteri,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Koinfeksi atau infeksi simultan memungkinkan terjadi pada pasien mycroplasma pneumonia sehingga memicu kejadian gejala berat hingga perlu dirawat inap di rumah sakit. Ia mengatakan imunisasi terkait pneumonia yang sudah diadopsi dalam program nasional yakni DPT-Hib, campak, dan PCV. 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Pemberian imunisasi adalah upaya untuk mencegah terinfeksi secara spesifik terhadap virus atau bakteri yang dicegah. Kalau vaksinnya Covid-19 maka yang dicegah infeksi Covid-19, kalau vaksin influenza efektif mencegah influenza, vaksin pneumokokus efektif mencegah infeksi pneumokokus,” katanya.

Berita Lainnya:
Batuk tak Boleh Diobati Sendiri Sembarangan, Apalagi yang Sudah Berlangsung 2 Pekan
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Meski mycroplasma pneumonia belum ada vaksinnya, Nastiti melanjutkan, imunisasi itu berguna mencegah bakteri maupun virus yang mematikan saat terjadi koinfeksi, di antaranya pneumokokus maupun influenza pada balita. “Pneumokokus justru penyebab kematiannya paling tinggi kalau anak balita kena pneumonia, influenza juga demikian,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Sehingga penting untuk memberikan imunisasi secara lengkap pada anak. Meski tidak mencegah mycroplasma pneumonia yang umumnya bergejala ringan, paling tidak melindungi masyarakat dari koinfeksi penyakit yang memicu gejala berat, kata Nastiti.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ أَلَمْ أَقُلْ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [72] Listen
[Al-Khidh r] said, "Did I not say that with me you would never be able to have patience?" Al-Kahf ( The Cave ) [72] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi