Selasa, 27/02/2024 - 21:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Anies Baswedan Ingin Aktikan Semua Jalur Rel Kereta di Pulau Jawa

ADVERTISEMENT

Capres Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan saat menaiki KRL dari Bogor ke Jakarta, Selasa (28/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

JAKARTA — Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menyampaikan keinginannya untuk mengembangkan jalur kereta antarwilayah jika terpilih menjadi presiden 2024. Karena itu, Anies berharap bisa lebih mengaktifkan jalur kereta, khususnya di Pulau Jawa.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

“Banyak sekali jalur-jalur rel yang perlu diaktifkan lagi dan kami malah melihat perlunya penambahan fleet agar rute-rute yang hari ini dilayaninya sedikit, kita perlu meningkatkan intensitasnya,” ujar Anies dalam Rapat Kerja Nasional Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) secara daring di Jakarta, dikutip Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENT
Berita Lainnya:
Mulai Barbar, Mahasiswa Bekasi-Karawang Demo Hingga Bakar Foto Jokowi

Anies mengacu banyak negara yang mempunyai rute keberangkatan kereta antarkota setiap satu hingga dua jam. Eks gubernur DKI itu meyakini, intensitas kereta yang semakin banyak bisa memudahkan masyarakat menggunakan angkutan umum.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh

“Sehingga kita akan bisa memindahkan lebih banyak orang dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum berbasis kereta api, ini khusus di Jawa,” ujar Anies.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Begitu juga untuk di luar Pulau Jawa, Anies ingin membangun jalur kereta antarkota dan meningkatkan intensitas perjalanan. Menurut dia, investasi yang dikeluarkan untuk membangun jalur kereta di luar Pulau Jawa bisa lebih kecil dibandingkan membangun jalan tol beserta pembebasan lahannya.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action
Berita Lainnya:
Ganjar Tegaskan Jateng Tetap Kandang Banteng, Optimis Menang Mutlak

“Ini investasinya sebenarnya bisa lebih kecil daripada membangun jalan tol, memiliki safety yang lebih tinggi, kemudian efek polusinya juga lebih rendah dan akan bisa membangun perasaan kesetaraan yang lebih tinggi dibandingkan dengan berbasis kendaraan pribadi,” ujar Anies.

Ingin terapkan Jaklingko…

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi