Sabtu, 27/07/2024 - 09:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

BMKG Sebut Teori Periode La Nina dan Elnino Tak Berlaku Lagi

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut teori periode La Nina dan El Nino kurang relevan. Hal ini disebabkan perubahan iklim.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG A. Fachri Radjab dalam round tablet discusion bertajuk “Peran Agro-input dalam Rantai Produksi Pangan Nasional”. Kegiatan yang diadakan Nagara Institute dan ditayangkan di Akbar Faizal Uncensored,  berlangsung pada Rabu (6/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Teori yang selama ini kita pelajari, ada periode pengulangan selama 5-6 tahun antara La Nina dan El Nino, tapi ternyata selama lima tahun teori itu sudah tidak berlaku lagi,” ujar  Fachri dalam siaran pers

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Diskusi yang dipandu oleh Akbar Faizal dan peneliti dari Nagara Institute Dian Revindo itu menghadirkan banyak pembicara, yakni Direktur Pangan BRIN, Prof Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo MPU yang diwakili Peneliti BRIN I Gusti Made Sudiksa, Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan BPN Dr. Rachmi Widiarini, Plt. Kepala BPS Amelia A Widyasanti, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG A. Fachri Radjab, Direktur Tanaman Pangan Ir. Suwandi, Direktur KADIN Karen Tambayong, Dirit PT Pupuk Kaltim Budi Wahyu Soesilo, Sekretaris Koperasi HKTI Yoseph Patricius Carry Pratomo, Ketum MAPORINA Ir. Subandrio, Sekjen APPI A. Tossin Surawikara, dan Pengamat Pertanian Khudori.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Bisnis Kopi Dibayangi Efek Perubahan Iklim, Dampaknya Harga Kopi Terus Naik

Terkait periode perubahan iklim yang tidak lagi berlaku itu, Radjab memberi contoh pada 2020, 2021, dan 2022 Indonesia tiga tahun berturut-turut mengalami La Nina yang artinya kelebihan air akibat hujan terus-menerus. Fenomena seperti itu hanya terjadi pada 50 tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Jadi sekali lagi, teori periode La Nina dan El Nino terjadi dalam lima atau enam tahun sepertinya sudah tidak relevan lagi sekarang,” tegasnya.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Radjab menyebut perubahan iklim adalah isu global yang sangat disorot. Kesalahan memitigasi perubahan iklim merupakan risiko global nomor satu dan nomor dua yang mempengaruhi ekonomi global dalam jangka panjang.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“Perubahan iklim kami amati dalam beberapa parameter. Secara global naik terus dan perubahan iklim adalah kenyataan. Contohnya carbon dioksida, emisi gas sudah sekitar 149 persen lebih tinggi dibanding ketika masa pra-industri,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Indikator lainnya, ungkap Radjab, adalah perubahan suhu global. Dari 1960-an hingga awal 2000 terjadi lonjakan tajam. Rate-nya sangat cepat ketika bicara suhu sebagai fenomena perubahan iklim.

Kaitannya dengan agraria, Radjab mengatakan bahwa bicara pertanian maka bicara air. Dan faktor perubahan iklim mendorong sisi basah maupun sisi kering.

“Ketika musim hujan ancamannya terjadi longsor dan banjir. Sementara musim kemarau terjadi kekeringan dan suhu tinggi. Jadi kita waspada di musim dingin dan musim hujan. Kebanyakan air gagal panen, kekuargan air juga gak bisa panen,” paparnya.

Berita Lainnya:
Papua Barat Dapat Dana Hibah Perubahan Iklim Rp 20 Miliar

“Dalam penelitian BMKG, ada wilayah di Indonesia yakni NTB dan NTT yang mengalami fenomena 65 hari berturut-turut tanpa hujan, dan pada November 2023 ini selama 141 hari berturut-turut tanpa hujan. Sedangkan rekornya ada di NTT selama 207 hari tanpa hujan. Nah ini tantangan petani kalau mau nanam,” jelasnya.

Pembicara lainnya, Habibullah dari Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan bahwa lembaganya sudah merilis sensus pertanian 2023. Ia menyebut ada pertambahan umur usia petani yang cenderung naik sebesar 6 persen di atas 45 tahun. Kemudian ada juga data petani generasi Milenial serta istilah petani Milenial yang berusia 19-31 tahun.

“Kemudian petani gurem ada peningkatan. Ada 60,84 persen (petani gurem) menggunakan konsep 0,5 hektar. Menggunakan small skill production,” ungkap Habibullah.

Ia menyebut ada beberapa daerah yang banyak petani guremnya. Dan yang terbesar petani guremnya ada di Papua Pegunungan.

“Kalau kita lihat penggunaan lahan yang kurang dari 2000 meter persegi itu meningkat. Artinya, ini sesuai penambahan kepemilikan lahan, dan sepertinya penggunaan lahan mulai berbagai karena lenggunaan lahan kecil semakin meningkat,” jelasnya.

Terkait penggunaan pupuk, BPS melihat ada 9 komoditas target subsidi pupuk dan yang paling banyak diusahakan oleh “usaha pertanian”.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَن نَّدْعُوَ مِن دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَّقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا الكهف [14] Listen
And We made firm their hearts when they stood up and said, "Our Lord is the Lord of the heavens and the earth. Never will we invoke besides Him any deity. We would have certainly spoken, then, an excessive transgression. Al-Kahf ( The Cave ) [14] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi