Sabtu, 02/03/2024 - 10:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Hari Gunung Internasional, Ini 5 Rekomendasi Wisata Mendaki Gunung di Indonesia

Wisatawan domestik menikmati pemandangan Gunung Batur dari kawasan wisata Kintamani, Bangli, Bali, Rabu (28/10/2020). Sejumlah objek wisata di Pulau Dewata mulai dikunjungi wisatawan domestik dari berbagai daerah yang memanfaatkan masa cuti bersama dan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

JAKARTA — Menyambut peringatan Hari Gunung Internasional yang jatuh setiap tanggal 11 Desember, berikut rekomendasi wisata pendakian gunung di Indonesia yang layak dicoba oleh para pendaki atau pelancong yang ingin berkunjung ke sana.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Rekomendasi Wisata Mendaki Gunung di Indonesia

1. Gunung Kembang (Wonosobo, Jawa Tengah)

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Gunung Kembang merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah yang memiliki ketinggian 2.340 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di Dukuh Blembem Kaliurip, Desa Damarkasihan, Kecamatan Kreteg.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
BMKG Tetapkan 15 Daerah Berstatus Waspada Dampak Hujan di Indonesia

 

ADVERTISEMENTS

Bagi pendaki yang ingin menaiki gunung ini, ada dua jalur yang dapat digunakan, yakni jalur Blembem dengan tarif masuk sebesar Rp 25 ribu dan jalur Lengkong dengan tarif masuk Rp 20 ribu. Para pendaki juga dapat menikmati keindahan alam serta ragam jenis bunga di sepanjang jalur pendakian Gunung Kembang.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

 

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Menariknya, gunung ini memiliki aturan yang ketat oleh pengelolanya, seperti pendataan barang setiap pendaki di pos keberangkatan. Semua barang harus didata secara rinci untuk memastikan tidak ada barang terlarang yang dibawa serta mengurangi risiko terbuangnya sampah di kawasan Gunung Kembang.

 

2. Gunung Kelimutu (Flores, Nusa Tenggara Timur)

Gunung Kelimutu merupakan gunung berapi yang terletak di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini juga memiliki tiga buah danau yang dikenal dengan nama danau tiga warna, yakni warna merah, biru, dan putih.

Berita Lainnya:
Pasien Implan Chip Neuralink Dapat Kendalikan Mouse dengan Otak

 

Gunung dan danau Kelimutu masuk ke dalam bagian dari Taman Nasional Kelimutu dengan ketinggian 1.639 mdpl atau 5.377 kaki.

 

Menariknya, pendaki dapat melihat panorama alam yang mengelilingi Danau Kelimutu dari puncak gunung dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit (sunrise).

 

Akses masuk ke kawasan Gunung Kelimutu dapat ditempuh sekitar 50 Km dari Kabupaten Ende menuju Desa Moni hingga sampai ke Taman Nasional Kelimutu. Pendaki akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 untuk pendaki domestik dan Rp 150 ribu untuk pendaki mancanegara.

Gunung Papandayan…

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi