Senin, 04/03/2024 - 08:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

IDI Siagakan Dokter untuk Korban Bencana Gunung Marapi di Sumbar

Rescuers carry the body of a victim of the eruption of Mount Marapi in Batu Palano, West Sumatra, Indonesia, Tuesday, Dec. 5, 2023. Rescuers searching the hazardous slopes of the volcano found more bodies of climbers who were caught by a surprise weekend eruption, raising the number of confirmed dead to nearly two dozens, officials said Tuesday.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

JAKARTA — Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyiagakan dokter di sejumlah fasilitas kesehatan dan posko kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada korban bencana alam, erupsi Gunung Marapi di Sumatra Barat (Sumbar).

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

“Kesiapan para tenaga kesehatan tersebut merupakan hasil koordinasi IDI wilayah Sumatra Barat dengan IDI cabang di area terdampak serta sejumlah lembaga terkait seperti BNPB, BMKG, dan kedokteran kepolisian,” kata Ketua Umum PB IDI Moh Adib Khumaidi dalam keterangan diterima di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj
Berita Lainnya:
Ingin Anak Lebih Cerdas dan Happy? Usahakan Tidurnya di Jam yang Sama Tiap Hari

Ketua IDI Wilayah Sumatra Barat Roni Eka Sahputra menjelaskan pihaknya telah melibatkan empat cabang IDI di area terdampak bencana itu, yakni IDI Cabang Agam, IDI Cabang Tanah Datar, IDI Cabang Padang Panjang, dan IDI Cabang Bukittinggi.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional

“Hingga 6 Desember 2023, 75 orang pendaki yang namanya terdaftar di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sudah ditemukan seluruhnya, 23 orang di antaranya meninggal dunia dan sisanya luka-luka baik berat maupun ringan,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Ia mengatakan korban meninggal dunia umumnya mengalami luka retak di kepala dan tubuh akibat terkena batu-batu besar dari erupsi.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
Berita Lainnya:
Waspada, Potensi Ancaman Gunung Marapi Masih Tinggi
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Hal tersebut, kata dia, juga disebabkan oleh kontak langsung dengan semburan panas, terutama karena kebanyakan para pendaki berada di puncak gunung saat kejadian.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Wakil Ketua II PB IDI Pom Harry Satria mengatakan saat ini IDI bersinergi dengan lembaga terkait untuk mengaktifkan operasional puskesmas selama 24 jam di wilayah yang terdampak.

Upaya ini, kata dia, melibatkan pemberdayaan para tenaga kesehatan setempat, dengan dukungan aktif dari relawan Tim Bantuan Medis Hippocrates Emergency Team Mahasiswa Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, serta kolaborasi erat dengan dokter-dokter dari kepolisian.

Ia menjelaskan untuk penanganan lebih lanjut para korban yang dievakuasi, dirujuk ke fasilitas kesehatan di Padang Panjang dan Bukittingggi.

 

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi