Sabtu, 27/07/2024 - 11:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Nasihat Ulama Agar Menekan Nafsu Syahwat dengan Dzikir

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

Ilustrasi berdzikir.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

 JAKARTA — Mantan Mufti Mesir, Dr Ali Jum’ah menyampaikan betapa besarnya keutamaan dzikir. Dia berpesan agar setiap Muslim membasahi lisannya dengan dzikir, sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Ulama Al-Azhar Kairo Mesir itu juga menekankan, berdzikir akan membantu seorang Muslim dalam rangka mentaati ajaran agama dan perintah Allah SWT. “Hal yang mendorong seseorang untuk mematuhi ajaran agama dan perintah Allah SWT adalah dzikir,” tuturnya, dilansir laman Masrawy.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Kemudian dia mengutip firman Allah SWT yaitu Surat Al Ankabut ayat 45

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Berita Lainnya:
Di Balik Hikmah Istri-Istri Nabi yang tak Pernah Menggunakan Nama Belakang Muhammad
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“…Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Dengan demikian, Dr Ali Jum’ah menjelaskan, dzikir sejatinya lebih besar penekanannya daripada sholat. “Allah SWT menekankan dzikir dengan penekanan yang besar, hingga Dia menjadikannya di atas semua ibadah. Misalnya pada awal sholat, kita berucap ‘Allahuakbar’,” terangnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Pada akhir sholat pun, semua Muslim mengucapkan ‘Assalamualaikum wa rahmatullah’, yang berarti ‘Semoga Allah melimpahkan keselamatan serta rahmat-Nya padamu’. “Itu semua adalah bagian dari dzikir. Termasuk juga dalam ibadah lainnya misalnya dalam haji,” paparnya.

Berita Lainnya:
Manfaat Wakaf di Balik Kemajuan Negeri Ottoman
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ ࣖ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.” (QS Al-Baqarah ayat 152)

Dr Ali Jum’ah juga menyampaikan, dzikir adalah sarana mencapai ketenangan hati. Mengapa demikian? Dia menjabarkan, karena berdzikir adalah ibadah yang menjauhkan dan melindungi diri dari godaan setan. Sebab itulah, orang yang senantiasa berdzikir, maka sekalipun muncul nafsu syahwat, ia akan mampu mengatasinya sehingga terlindung dari perbuatan maksiat.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ ۚ لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا الكهف [18] Listen
And you would think them awake, while they were asleep. And We turned them to the right and to the left, while their dog stretched his forelegs at the entrance. If you had looked at them, you would have turned from them in flight and been filled by them with terror. Al-Kahf ( The Cave ) [18] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi