Selasa, 27/02/2024 - 20:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pemprov Kalteng: Hari Ibu Jadi Momentum Perlihatkan Kontribusi Perempuan

ADVERTISEMENT

 PALANGKA RAYA — Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo hadiri acara Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023 dan Talk Show Perempuan Berdaya dan Berkarya, yang dilaksanakan di Hotel Best Western Palangka Raya, Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur, Wagub mengatakan Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diperingati seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan perempuan dalam merebut dan mengisi kemerdekaan.

ADVERTISEMENT
Hari Pers Nasional

“Peringatan Hari Ibu merupakan momentum sejarah yang menunjukkan besarnya konstribusi perempuan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari tonggak gerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa. Peringatan Hari Ibu diharapkan menjadi daya ungkit untuk mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan,” ujar Wagub.

ADVERTISEMENT

Wagub mengungkapkan, selama kurang lebih hampir tiga tahun, pandemi sudah memberikan situasi baru bagi perempuan Indonesia. “Rekam jejak kontribusi perempuan Indonesia membangkitkan ekonomi keluarga selama pandemi merupakan salah satu bukti perempuan Indonesia selalu hadir dalam setiap momen perjuangan bangsa,” ucapnya.

ADVERTISEMENT
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Mengupas Peran Signifikan Perempuan dalam Industri Pariwisata

Menurut Wagub, perempuan Indonesia telah mengambil peran penting dalam berbagai sendi kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan sosial budaya. “Mereka adalah pilar utama dalam membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan,” imbuhnya.

ADVERTISEMENT
Bayar Tol dengan Pengcard

Melalui Perayaan Hari Ibu ke-95 ini, Wagub berharap mampu menginspirasi perempuan agar terus mencintai dirinya, mengembangkan daya cipta dan kreativitas tanpa batas, dan menggelorakan semangat dan daya juang untuk membangun Indonesia yang lebih sejahtera menuju Indonesia Emas 2045.

ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

“Saya juga berharap seluruh perempuan Kalimantan Tengah dapat terus meningkatkan kapasitas, kompetensi dan prestasinya serta berani bersuara, untuk menentukan arah kebijakan dan tujuan bernegara. Perempuan harus bersatu, saling membantu, dan saling menginspirasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Prov. Kalteng Linae Victoria Aden menyampaikan dalam laporannya, pada acara Peringatan Hari Ibu tahun ini menghadirkan 85 perempuan dari berbagai lintas profesi di Provinsi Kalteng. “Hal ini adalah sebagai bentuk ekspose kemajuan perempuan sekaligus sumber daya potensial dan kekuatan, bahkan pilar pembangunan bangsa,” bebernya.

Wagub Edy Pratowo mengatakan peran perempuan di masa kini sudah seperti peran laki-laki. “Para perempuan sudah diberikan kesempatan yang sama, mereka juga bisa berperan di pemerintahan, dunia usaha, bukan lagi di level low atau middle, tetapi sudah atas sebagai pemimpin,” kata Wagub.

Berita Lainnya:
Keindahan Alam Gunung Mas Kalteng Disiapkan untuk Gaet Wisatawan

Dengan adaya kesempatan tersebut, Wagub menilai hal itu bisa mejadi kebebasan bagi para perempuan untuk bisa berkarya. “Jadi mereka bukan hanya berperan sebagai ibu rumah tangga saja, tetapi juga bisa ikut serta mengisi pembangunan, itu yang penting. Tetapi mereka juga tidak lepas dari kodratnya sebagai ibu yang mengasuh dan membina anak,” tukasnya.

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda Forum Anak Daerah Kabupaten, penyerahan hadiah pemenang lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023, dan pemberian penghargaan kepada perempuan berkarya di Provinsi Kalteng.

Nampak hadir, Bunda PAUD Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I TP PKK Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Nunu Andriani Edy Pratowo, unsur Forkopimda, Plt. Dirut Bank Kalteng Marzuki, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, serta Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota se-Kalteng.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENT

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi