Sabtu, 27/07/2024 - 09:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Sempat Gagal, Jepang Ungkap Rencana Pendaratan Mendarat di Bulan Berikutnya

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA— Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) mengumumkan pada 5 Desember bahwa wahana robotiknya “Smart Lander for Investigating Moon (SLIM)” dijadwalkan akan diluncurkan pada 20 Januari 2024. Pendaratan pertama Jepang di bulan dilakukan pada dini hari. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Sebelumnya awal tahun ini, rencana ambisius Jepang untuk melakukan pendaratan pertama di bulan mengalami kemunduran ketika perusahaan luar angkasa swasta, ispace, kehilangan kontak dengan pesawat ruang angkasanya, HAKUTO-R Mission 1 (M1), beberapa saat sebelum rencana pendaratan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Dilansir Gizchina, Jumat (8/12/2023), misi tersebut, yang dirancang sebagai pendaratan komersial pertama di bulan, bertujuan untuk mengumpulkan gambar dan data guna menginformasikan upaya eksplorasi bulan Jepang di masa depan. Kegagalan ini merupakan pukulan telak bagi Jepang, yang telah menetapkan tujuan mengirim astronaut ke bulan pada akhir tahun 2020-an. Meskipun mengalami kemunduran, negara ini tetap berkomitmen untuk eksplorasi bulan, dan rencana untuk misi masa depan sudah dalam tahap pengerjaan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Pesawat HAKUTO-R Mission 1 (M1) dirancang oleh perusahaan Jepang ispace dan diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon 9. Pesawat luar angkasa itu dilengkapi dengan penjelajah bulan mini yang dimaksudkan untuk meluncur melintasi permukaan bulan dan mengumpulkan data berharga. Muatan lain yang ada di dalam pesawat pendarat ini termasuk baterai solid-state, komputer penerbangan bertenaga kecerdasan buatan, dan kamera 360 derajat. 

Berita Lainnya:
Gempa M 5,0 Guncang Mentawai, Sumbar Pagi Ini, BMKG: Dirasakan di Padang, Pariaman hingga Agam
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

Misi tersebut juga bertujuan untuk mengambil bagian dalam program NASA untuk mengklaim dan mengalihkan kepemilikan regolith bulan. 

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Sekitar satu jam sebelum rencana pendaratan, M1 setinggi 2,3 meter memulai fase pendaratannya, secara bertahap memperketat orbitnya mengelilingi bulan dari 62 mil di atas permukaan menjadi sekitar 15 mil. Namun, misi tersebut mengalami kesulitan, dan pesawat ruang angkasa tersebut jatuh saat mencoba mendarat. Pengendali penerbangan kehilangan kontak dengannya beberapa saat sebelum rencana pendaratan.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Chief Technology Officer Ryo Ujiie menjelaskan alasan kegagalan pendaratan pada konferensi pers. “Tampaknya ia jatuh bebas ke permukaan karena kehabisan bahan bakar untuk menyalakan mesin pendorongnya,” ujar Ujiie. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Kegagalan Misi HAKUTO-R 1 (M1) merupakan kemunduran signifikan bagi upaya eksplorasi bulan Jepang. Negara ini telah menetapkan tujuan pengiriman astronaut ke bulan pada akhir tahun 2020-an, dan keberhasilan misi tersebut akan menjadi tonggak penting dalam mencapai tujuan ini. Meskipun mengalami kemunduran, Jepang tetap berkomitmen untuk melakukan eksplorasi bulan, dan rencana untuk misi masa depan sudah mulai dikerjakan. 

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Juru bicara pemerintah, Hirokazu Matsuno, mengungkapkan tekad negaranya untuk melanjutkan upaya eksplorasi bulan, dengan menyatakan bahwa meskipun sedih karena misi tersebut tidak berhasil Jepang ingin ispace “terus berusaha” karena upayanya signifikan bagi pembangunan negaranya. 

Berita Lainnya:
Harimau, Kura-kura dan Beruang Dapat Balok Es Selama Gelombang Panas

Kegagalan misi ini juga menyoroti tantangan eksplorasi ruang angkasa, dengan pendaratan di benda langit menjadi sangat sulit. Ketika CEO ispace Takeshi Hakamada berjanji untuk mencoba lagi, jelas bahwa ambisi eksplorasi bulan Jepang tetap tidak terpengaruh oleh kemunduran tersebut. 

Kegagalan HAKUTO-R Misi 1 (M1) merupakan pengingat akan kesulitan dan risiko yang terkait dengan eksplorasi ruang angkasa. Meski mengalami kemunduran, komitmen Jepang terhadap eksplorasi bulan tetap kuat. Pembelajaran dari misi yang gagal ini akan sangat berharga dalam menginformasikan upaya eksplorasi bulan di masa depan, dan pengalaman Jepang akan berkontribusi pada pengetahuan kolektif tentang upaya umat manusia di luar angkasa.

Jepang tidak membiarkan kegagalan HAKUTO-R Mission 1 (M1) menghentikan rencananya. Rencananya, wahana tersebut akan memasuki orbit pada 25 Desember. Pesawat ini akan mulai turun sekitar tengah malam pada 20 Januari tahun depan, dan mendarat sekitar 20 menit kemudian. 

Detektor SLIM memiliki panjang 2,7 meter dan diluncurkan pada 6 September dengan roket H-2A Jepang. Detektor disertai dengan teleskop luar angkasa sinar-X yang disebut XRISM. XRISM telah berhasil dikerahkan ke orbit rendah Bumi, sementara SLIM telah memulai perjalanannya ke bulan. Jika SLIM berhasil mendarat, Jepang akan menjadi negara kelima yang mendaratkan wahana Antariksa di bulan. 

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah

1 2

Reaksi & Komentar

قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [75] Listen
[Al-Khidh r] said, "Did I not tell you that with me you would never be able to have patience?" Al-Kahf ( The Cave ) [75] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi