Selasa, 21/05/2024 - 23:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Waspada Hujan Hari Ini, Cek Kota Anda

 JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan pada Jumat (15/12/2023) berpusat di wilayah tengah dan timur Indonesia, karena ada tekanan rendah yang terletak di Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Prakirawan BMKG Syndhy Indah Pratiwi mengatakan sirkulasi siklonik juga diperkirakan ada di perairan barat Aceh, kemudian di Selat Karimata. “Hal itu menyebabkan pertumbuhan awan-awan hujan yang cukup signifikan di wilayah tersebut,” kata Syndhy dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Jumat (15/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

BMKG memprakirakan hujan ringan berpotensi terjadi di Medan, Tanjung Pinang, Jambi. Kemudian, hujan petir diprakirakan terjadi di Pekanbaru, Banda Aceh dan Pangkal Pinang.

Langit berawan hingga cerah berawan berpotensi menyelimuti Padang, Bengkulu, Bandar Lampung, serta kabut di Palembang.

Di Pulau Jawa, cuaca berawan hingga cerah berawan berada di di Yogyakarta, Semarang, Jakarta. Adapun cuaca hujan berpotensi turun di Serang, Bandung, dan Surabaya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Banjir Bandang di Sumatera Barat, 14 Orang Meninggal

Selanjutnya, Kepulauan Sunda Kecil justru didominasi cuaca berawan, termasuk di Mataram dan Kupang, serta hujan ringan diperkirakan turun di Denpasar.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

BMKG memprakirakan seluruh kota besar di Pulau Kalimantan hari ini berpotensi turun hujan ringan mulai dari Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, dan Tanjung Selor. Selanjutnya, Pulau Sulawesi juga mengalami kondisi serupa, seluruh kota besar berpotensi diguyur hujan.

Prakiraan hujan ringan turun di Makassar, Palu, Gorontalo, Manado. Sedangkan, hujan sedang hingga lebat berpotensi mengguyur Kendari dan Mamuju.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, mayoritas kota-kota besar di wilayah timur Indonesia juga berpotensi mengalami hujan, kecuali Ternate yang diprakirakan cerah berawan.

ADVERTISEMENTS

BMKG memprakirakan angin di permukaan wilayah Indonesia umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah selatan hingga barat dengan kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 30 kilometer per jam. Waspadai potensi angin kencang yang diperkirakan terjadi di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Berita Lainnya:
BMKG Prakirakan Mayoritas Kota Besar Turun Hujan Ringan Hingga Lebat

Potensi tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia berkisar antara 1,25 hingga 2,5 meter yang diperkirakan di Samudra Hindia Barat Sumatera, kemudian Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara. Selanjutnya, di Laut Natuna Utara dan di Samudra Pasifik Utara Maluku Utara hingga Papua.

Adapun suhu udara di Indonesia berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara berkisar antara 50 hingga 100 persen.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi