Sabtu, 22/06/2024 - 14:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Polisi Denmark Tangkap Sekelompok Orang Diduga Berencana Lakukan Serangan Teror

KOPENHAGEN — Kepolisian Denmark menangkap tiga orang di Denmark dan satu orang di Belanda karena dicurigai mempersiapkan serangan teroris. Polisi menambahkan tindakan ini merupakan hasil dari upaya polisi lintas batas terkoordinasi.

Belum ada keterangan lebih lanjut mengenai motif para tersangka atau apakah mereka terkait dengan teroris atau kelompok-kelompok sayap kanan. Pada Agustus lalu badan Intelijen dan Keamanan Denmark, PET, mengatakan ancaman terhadap Denmark naik setelah aktivis anti-Islam merusak beberapa salinan Alquran selama musim panas.

“Penyelidikan mengungkapkan sebuah jaringan orang telah mempersiapkan sebuah aksi terorisme,” kata kepala pengawas PET Flemming Drejer dalam konferensi pers di Kopenhagen, Kamis (14/12/2023).

Berita Lainnya:
Lebih dari 10 Ribu Orang Tiba di Inggris dengan Perahu Kecil

“Penangkapan dan penggerebekan yang kami lakukan hari ini didasarkan pada investigasi intensif yang dilakukan PET dalam kerja sama yang erat dengan mitra-mitra kami di luar negeri,” katanya.

Ia menambahkan PET sedang melakukan penggerebekan yang dilakukan di seluruh negeri dan dilakukan pada tahap awal penyelidikan. Dreyer mengatakan jaringan ini memiliki hubungan dengan kejahatan terorganisir baik di Denmark maupun di luar negeri, termasuk dengan geng bernama Loyal To Familia, atau LTF.

Namun ia menolak untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai kemungkinan motifnya.

“Ini sangat serius,” kata Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen kepada kantor berita Ritzau dalam pertemuan dengan para pemimpin Uni Eropa di Brussels.

Berita Lainnya:
Geledah Kontrakan Teroris di Cikampek, Densus 88 Sita Serbuk Berwarna Putih dan Kuning

“Selama beberapa tahun ini, kami melihat ada orang-orang yang tinggal di Denmark yang tidak menginginkan kami. Yang menentang kebebasan kami dan yang menentang masyarakat Denmark, dengan segala hal yang ada di dalamnya,” kata Frederiksen.

Selama satu dekade lebih PET memperingatkan akan adanya potensi serangan. Polisi mengatakan mereka tidak mengubah tingkat kewaspadaan teroris pada level 4 dari skala 1-5, yang mencerminkan ancaman yang signifikan.

Kepolisian Denmark mengatakan tiga orang yang ditangkap di Denmark akan didakwa dengan pasal terorisme dalam hukum pidana dan dihadapkan ke hadapan hakim untuk menjalani pemeriksaan awal.

sumber : Reuters

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ ۖ حَتَّىٰ إِذَا سَاوَىٰ بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ قَالَ انفُخُوا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ قِطْرًا الكهف [96] Listen
Bring me sheets of iron" - until, when he had leveled [them] between the two mountain walls, he said, "Blow [with bellows]," until when he had made it [like] fire, he said, "Bring me, that I may pour over it molten copper." Al-Kahf ( The Cave ) [96] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi