Jumat, 14/06/2024 - 23:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Peningkatan Pemahaman Budaya Sehat Melalui word café

Oleh: Heru Nurinto*

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI) mengadakan kegiatan peningkatan pemahaman budaya sehat di SMPN 33 Depok melalui metode Word Café. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 November 2023 dengan workshop melalui metode world cafe yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya menjaga kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Dalam acara ini, sebanyak 30 siswa dari SMPN 33 Depok terlibat aktif dan menjadi duta budaya sehat di lingkungan sekolah. Tim terdiri dari dosen dan mahasiswa S3, Dosen FIK UI yaitu Dr. Hanny Handiyani, S.Kp.,M.Kep, Dr. Enie Novieastari, S.Kp.,MSN, Dr. Tuti Afriani, S.Kep.,M.Kep, dan Ns. Andi Amalia Wildani, S.Kep.,M.Kep. Mahasiswa S3 yaitu Ns. Ichsan Rizany, S.Kep.,M.Kep., Ns. Cicilia Ika Wulandari.,S.Kep.,M.Kep dan Ns. Moh Heri Kurniawan, S.Kep.,M.Kep.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Word café merupakan metode dengan yang sederhana, efektif dan fleksibel.  Semua peserta dapat ngobrol atau diskusi santai seperti di sebuah café, tidak ada perbedaan antar peserta, semua dapat menyampaikan pendapat terkait tema diskusi di setiap meja café yang disediakan oleh panitia.

Berita Lainnya:
Di Balik Keamanan Obat, Ada Peran Penting Apoteker Jaga Kesehatan Masyarakat

Materi-materi yang disajikan informatif dan relevan di setiap mejanya seputar konsep budaya sehat, perilaku sehat sederhana, perilaku sehat dengan pencegahan infeksi (membersihkan tangan, buang sampah, etika batuk), perilaku tidak sehat secara fisik (merokok, seks bebas,alkohol) perilaku tidak sehat secara psikososial (bullying dan gadget). 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Metode word café terbagi menjadi 5 meja dengan materi yang berbeda-beda, namun semua peserta dapat  mengikuti diskusi dengan efektif. Peserta dapat menyampaikan pikirannya, baik ide baru, ataupun menambahkan ide yang ada. Metode world café memiliki beberapa keunggulan, seperti (1) adanya meja yang nyaman dan memudahkan peserta untuk mobilisasi dalam bentuk round table, (2) tersedianya hidangan snack sehat yang berbeda-beda di setiap meja, sebagai contoh makanan sehat, (3) jumlah peserta berjumlah 6 siswa permeja, yang didampingi dengan 2 fasilitator dan 1 guru, sehingga peserta dapat dikendalikan secara baik. Fasilitator berperan sebagai pemandu gagasan ide yang disampaikan setiap peserta, sedangkan guru ikut berpartisipasi dalam diskusi.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Dr. Hanny Handiyani, S.Kp, M.Kep. selaku ketua tim Pengmas menyampaikan, “Kami berharap melalui ini, siswa dapat menjadi agen perubahan dalam mempromosikan budaya hidup sehat di lingkungan sekitarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Saksi Ungkap Mutu Beton Tol Layang MBZ tak Penuhi Persyaratan SNI
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Kesehatan merupakan modal utama untuk mencapai potensi maksimal dalam kehidupan”. Pandangan Murtiningrum, S.Pd. sebagai Kepala sekalah SMPN 33 Depok “Kegiatan ini sangat bagus untuk menumbuhkan budaya sehat di sekolah melalui peran siswa. Siswa ini juga mendapat ilmu dengan metode yang jarang dilakukan disekolah. Harapan dengan ilmu yang didapatkan, siswa akan terus mentransfer dan menjadi role model untuk teman-temannya”.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Kegiatan ini ditutup dengan testimoni dari para siswa, siswa mengatakan “Kegiatan ini sangat menarik, seru, menyenangkan, dan siap untuk menjalankan budaya sehat.” Fakultas Ilmu Keperawatan UI berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pengembangan masyarakat melalui berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Semoga “Budaya Sehat pada Anak SMP” di SMPN 33 Depok dapat menjadi langkah awal yang positif dalam meningkatkan kesadaran kesehatan generasi muda.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS

*Perawat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

تِلْكَ أُمَّةٌ قَدْ خَلَتْ ۖ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَلَكُم مَّا كَسَبْتُمْ ۖ وَلَا تُسْأَلُونَ عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ البقرة [141] Listen
That is a nation which has passed on. It will have [the consequence of] what it earned, and you will have what you have earned. And you will not be asked about what they used to do. Al-Baqarah ( The Cow ) [141] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi