Jumat, 03/05/2024 - 22:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Vaksin Dengue Sudah Tersedia, Antibodinya Bertahan Hingga Empat Tahun

ADVERTISEMENTS

Nyamuk Aedes aegypti sebagai penyebab penyakit DBD( (ilustrasi). Vaksin dengue telah tersedia di Indonesia

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Penasihat Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi), dr Samsuridjal Djauzi, mengatakan kasus demam berdarah telah mengusik 121 ribu penderita per tahun. Fakta itu meningkatkan kekhawatiran di kalangan orang tua terhadap risiko yang dihadapi anak-anak mereka.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Meskipun pemerintah telah melakukan upaya pengendalian jentik nyamuk dengan program 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) dan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J), statistik menunjukkan bahwa kasus demam berdarah semakin tinggi di usia 15 tahun ke atas. Dari 2018 hingga 2022, angka kesakitan demam berdarah pada usia 15 tahun ke atas mencapai 48 persen.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Kasus DBD di Sukabumi Didominasi Pasien Usia 15-44 Tahun

Angkanya mendekati jumlah kasus pada kelompok usia 14 tahun ke bawah. Lebih lanjut, angka kematian demam berdarah pada usia di bawah 15 tahun mencapai 60 persen, sedangkan pada usia di atas 15 tahun mencapai 30 persen.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dokter Samsuridjal menjelaskan bahwa vaksin dengue kini telah dimasukkan ke dalam jadwal imunisasi dewasa. Vaksin ini diberikan dalam dua dosis dengan selang waktu tiga bulan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Vaksin ini sudah dimasukkan dijadwal imunisasi dewasa dengue untuk usia enam tahun sampai 45 tahun dengan pemberiannya dua kali dengan jarak tiga bulan,” kata dr Samsuridjal dalam jumpa pers Peluncuran Rekomendasi Jadwal Imunisasi Dewasa Papdi 2023 di Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Vaksin dengue yang baru telah tersedia di Indonesia. Vaksin dapat digunakan tanpa perlu tes sebelumnya untuk menentukan riwayat infeksi dengue.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Dokter Sebut TEVAR dan EVAR Metode Minimal Invasi Guna Obati Aorta

“Ini dari vaksin hidup. Tidak perlu tes apakah sudah pernah terinfesi dengue sebelumnya (IgD atau Dengue) untuk menerima vaksin dengue,” ujar dr Samsuridjal.

Proses vaksinasi ulang tidak diperlukan dalam kurun waktu empat tahun. Itu karena tingkat antibodi yang dihasilkan termasuk tinggi.

Ketua Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI, dr Sukamto Koesnoe, menekankan pentingnya vaksinasi sebagai upaya untuk mengurangi risiko terkena demam berdarah. Dengan adanya vaksinasi, diharapkan masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya perlindungan diri melalui imunisasi.

“Dengan adanya jadwal terbaru yang dirilis Papdi, kami berharap masyarakat semakin menyadari pentingnya perlindungan diri dengan vaksinasi,” ujar dr Sukamto.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi