Selasa, 30/04/2024 - 11:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Bandara Kediri Beroperasi Tahun Depan, Ini Maskapai yang Pertama Beroperasi

ADVERTISEMENTS

Petugas berjalan di kawasan Bandara Internasional Dhoho yang akan segera beroperasi di Kediri, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jawa Timur rencananya akan beroperasi secara komersial pada awal 2024. Sekjen Kementerian Perhubungan Novie Riyanto mengungkapkan, saat ini Kemenhub sudah menerima permohonan permohonan penerbangan melalui Bandara Dhoho.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Data yang masuk terakhir adalah Super Air Jet yang akan mengawali operasi di sana dan ditargetkan tidak terlalu lama,” kata Novie dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kemenhub 2023 di Gedung Kemenhub, Rabu (20/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Novie menjelaskan, saat ini PT Angkasa Pura (AP) I sebagai pengelola Bandara Dhoho juga tengah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai internasional. Hal tersebut berkaitan dengan rencana penerbangan haji dan umrah di Bandara Dhoho. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PLN Sediakan 65 Unit SPKLU di Jatim untuk Layani Pemudik

Dia menambahkan, saat ini pengerjaan konstruksi Bandara Dhoho sudah mencapai 100 persen. Novie memastikan saat ini juga sudah dilakukan kalibrasi oleh pihak Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Jadi tinggal menunggu koordinasi antara pihak operator, dalam hal ini Angkasa Pura I nanti bersama-sama dengan maskapai. Ini insya Allah bisa dioperasikan sesegera mungkin,” ucap Novie.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa Bandara Dhoho juga berpotensi untuk melayani penerbangan umrah dan haji. Budi menegaskan, Kemenhub akan memberikan izin penerbangan umrah dan haji di bandara tersebut.

“Di sekitar bandara ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang seperti hotel dan fasilitas lainnya,” ujar Budi.

Berita Lainnya:
Di Tengah Isu Boikot, Unilever Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 1,4 Triliun

Budi juga mengapresiasi PT Surya Dhoho Investama (SDHI) yang merupakan anak usaha dari PT Gudang Garam. Perusahaan tersebut telah berinvestasi untuk membangun Bandara Dhoho Kediri, dengan total investasi mencapai Rp 13 triliun.

“Ini adalah proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) unsolicited (pemrakarsa dan pendanaan dari pihak swasta/non APBN) pertama di Indonesia, yang dari awal kita desain bersama-sama sampai selesai,” ungkap Budi.

Pada tahap awal, Bandara Dhoho memiliki kapasitas terminal 1,5 juta per tahun. Pembangunan tahap dua, kapasitas akan meningkat mencapai 4,5 juta penumpang per tahun lalu kapasitas ultimate mencapai 10 juta penumpang per tahun.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi