Selasa, 07/05/2024 - 17:18 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Akibat Agresi Israel ke Gaza, Eksportir Pusing Cari Rute Kirim Barang

ADVERTISEMENTS

Warga menginjak spanduk bergambarkan Bendera Israel saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (12/11/2023) (ilustrasi).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

LONDON — Para eksportir berupaya mencari rute alternatif melalui udara, darat, dan laut untuk mengirimkan mainan, pakaian jadi, teh, dan suku cadang mobil ke pengecer. Itu karena, adanya kekacauan yang melanda rantai pasokan barang di seluruh dunia selama gelombang serangan di Laut Merah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Militan Houthi yang didukung Iran di Yaman telah meningkatkan serangan terhadap beberapa kapal di Laut Merah sejak 19 November. Tujuannya guna menunjukkan dukungan kepada Hamas selama serangan militer Israel di Gaza.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Serangan tersebut dinilai telah mengganggu jalur perdagangan utama yang menghubungkan Eropa dan Amerika Utara dengan Asia melalui Terusan Suez. Biaya pengiriman peti kemas pun menjadi melonjak, bahkan dalam beberapa kasus, lebih dari tiga kali lipat.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kinerja Bongkar Muat Peti Kemas Pelabuhan Batam Triwulan I 2024 Naik 8 Persen

Itu karena, perusahaan berusaha memindahkan barang melalui rute laut lain yang lebih panjang. S&P Global mengatakan, jika terjadi gangguan berkepanjangan, sektor barang konsumen yang memasok pengecer terkemuka dunia seperti Walmart dan IKEA akan menghadapi dampak terbesar.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

CEO OL USA Alan Baer memiliki tim yang menasihati klien pelayaran dan logistik agar bersiap menghadapi gangguan di Laut Merah, setidaknya selama 90 hari. “Tidak ada gunanya kalau ini akhir pekan Natal. Kami akan menjalani masa tenang mulai sekarang hingga 2 Januari dan kemudian semua orang akan heboh,” ujarnya seperti dilansir Reuters, Jumat (22/12/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Menperin Ungkap Potensi Besar Industri Pangan dan Furnitur bagi Ekonomi RI

Beberapa perusahaan yang bertindak cepat sudah mencoba beralih ke transportasi antarmoda yang dapat melibatkan dua atau lebih moda transportasi. Chief Operating Officer Angkutan Udara Hellman Worldwide Logistics yaitu Jan Kleine Lasthues mengatakan, perusahaannya telah melihat peningkatan permintaan untuk kombinasi rute udara dan laut bagi barang-barang konsumen seperti pakaian jadi serta barang-barang elektronik dan teknologi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Itu berarti, barang diangkut terlebih dahulu melalui laut ke pelabuhan di Dubai. Kemudian barang tersebut dimuat ke pesawat yang dibutuhkan, guna mengantarkan barang ke rak menjadi dua kali lipat atau lebih banyak pengirim barang akan beralih ke jalur udara, terutama untuk barang bernilai tinggi seperti pakaian desainer dan barang elektronik kelas atas. 

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi