Minggu, 21/04/2024 - 03:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kolaborasi TikTok dan Tokopedia Dinilai Beri Efek Positif ke Logistik

ADVERTISEMENTS

TikToker Ayu Nabella mempromosikan produk di booth selama promo Beli Lokal 12.12 di Jakarta, 12 Desember 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

JAKARTA — Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) M Feriadi Soeprapto mengatakan kolaborasi TikTok Shop dengan Tokopedia memberikan efek domino positif kepada sektor logistik nasional.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Kerja sama GoTo dan TikTok juga akan dapat meningkatkan jumlah pengiriman. Saya melihatnya kerja sama mereka akan positif buat pertumbuhan jasa pengiriman,” kata Feriadi di Jakarta, Jumat (29/12/2023).

ADVERTISEMENTS

Salah satu pemicu sinyal positif dari kolaborasi keduanya adalah baik TikTok maupun Tokopedia memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Tanah Air, sehingga dapat berdampak pada sektor turunannya, termasuk jasa pengiriman cepat. Terlebih, kolaborasi keduanya bertepatan dengan momentum akhir tahun, di mana biasanya secara siklikal terjadi peningkatan permintaan barang, termasuk belanja via e-commerce, yang berimbas pada ramainya perputaran bisnis di sektor ini. Selain itu, juga ada momen Pemilu 2024 yang biasanya juga berdampak pada sektor logistik.

Berita Lainnya:
Tokopedia Catat Penghimpunan Zakat dan Donasi Capai Rp 7,8 Miliar

Sentimen kolaborasi bisnis antara TikTok dan Tokopedia yang menghadirkan kembali TikTok Shop Indonesia juga dinilai akan memberikan dampak positif terhadap ekonomi digital Indonesia.

Ketua Asosiasi Pengusaha Logistik E-commerce (APLE) Sonny Harsono menjelaskan kembalinya TikTok Shop membuat para penjual lama, terutama yang hanya bergantung dengan platform tersebut, bisa berjualan kembali. “Menurut data para afiliator, ada sekitar 70-80 persen seller TikTok yang tidak sukses di platform lain. Jadi hadirnya kembali TikTok Shop ini berdampak positif bagi UMKM dan juga menyerap tenaga kerja,” ujar dia.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
BUMN Gelar Lagi Rekrutmen Bersama, Ada 688 Lowongan Kerja dan 1.830 Posisi

Efek kolaborasi Tokopedia dan Tiktok sudah terbukti saat kampanye “Beli Lokal” pada momentum Harbolnas 2023 pada 12 Desember lalu (12.12). Berdasarkan pernyataan Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan, Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi hampir 19 kali lipat pada kategori kecantikan dan perawatan tubuh serta 13 kali lipat pada kategori fesyen saat kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12.

Menimbang hal itu, Sonny optimistis kontribusi TikTok Shop di tahun depan akan lebih besar dibanding tahun ini. Mengingat platform tersebut memiliki pengguna yang cukup banyak. “Pasti akan naik lagi di 2024, akan naik signifikan dari sisi transaksi dan berdampak positif pada industri logistik,” kata Sonny.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi