Jumat, 03/05/2024 - 07:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Wamen BUMN Jamin Telkom Mampu Atasi Lonjakan Trafik Malam Tahun Baru

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menjamin Telkom Group mampu mengatasi lonjakan trafik telekomunikasi yang diprediksi akan meningkat 5,15 persen pada malam pergantian Tahun Baru 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Saya memastikan bahwa kapasitas Telkom untuk layanan baik di mobile, yang B2C maupun B2B, data semua ready dan bisa menangani peak hour pada waktu Natal maupun Tahun Baru,” kata Wamen BUMN yang akrab disapa Tiko usai meninjau Posko TelkomGroup SIAGA NARU di Telkom Integrated Operation Center, Jakarta, Jumat (29/12/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Tiko menyampaikan lonjakan trafik telekomunikasi pada Tahun Baru terjadi karena ada tren di masyarakat untuk mengakses lebih banyak media sosial pada pergantian tahun. Untuk itu, BUMN melalui Telkom memastikan infrastruktur dan layanan Telkom Group mampu menampung kebutuhan masyarakat tersebut, baik dari sisi teknis maupun personel yang bertugas.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Itu bayangkan kalau tahun baru itu bisa 100 juta orang mengakses gadget-nya itu melakukan posting atau men-download konten bersamaan. Itu yang juga saya memastikan bahwa di peak hour seperti tahun baru itu layanan network-nya andal dan punya kapasitas spare untuk pada waktu lonjakan itu terjadi,” ucapnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
PNM Sebut Nasabah yang Ngamuk Saat Ditagih akan Sulit Dapat Pinjaman  

Kemudian dari segi business to business (B2B), Tiko juga memastikan bahwa Telkom Group mampu memenuhi kebutuhan jaringan pelanggan yang turut melonjak, seperti trafik perbankan maupun trafik di sektor transportasi.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Perbankan sekarang pasti teman-teman pakai Brimo pakai Livin itu juga tidak mungkin andal kalau di belakangnya tidak ada network yang handal juga. Jadi ini juga bukan hanya untuk melayani nasabah, tapi juga melayani perusahaan-perusahaan yang memang memberikan layanan juga,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Seperti di transportasi, pemesanan tiket, kemudian jasa marga untuk memastikan bahwa tapping tolnya berjalan baik, itu semua butuh network semua. Jadi bisa dibayangkan bahwa itu semua layanan tergantung dari keandalan network Telkom,” sambungnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa keseluruhan infrastruktur dan layanan Telkom Group dimonitor secara berkala melalui 90 posko utama, meliputi posko nasional, regional, Witel, divisi fungsi hingga anak perusahaan dengan melibatkan 19.503 personel yang bertugas 24×7 sejak 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.

Selain itu, terdapat beberapa aplikasi dan perangkat yang digunakan untuk memonitor layanan dengan mekanisme laporan rutin secara harian ke posko nasional.

Berita Lainnya:
Atasi Kemacetan di Merak, Menhub: Butuh Kapal yang Lebih Cepat

“Di momen akhir tahun ini, Telkom Group memastikan kenyamanan pelanggan menjadi prioritas utama. Untuk itu, kami menyiapkan infrastruktur dan layanan dengan kualitas prima dilengkapi penawaran program khusus yang menarik bagi pelanggan untuk meramaikan momentum tersebut,” jelasnya.

Senada, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan bahwa pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Telkom Group telah menyiapkan infrastruktur yang beroperasi secara redundan baik dari 28 infrastruktur kabel laut Telkom maupun dengan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado.

Tidak hanya itu, peningkatan kapasitas sebesar 28 Tbps juga dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi yang terus meningkat tiap tahunnya, di mana tahun ini diproyeksikan mencapai 20,4 Tbps, meningkat 5,15 persen atau sebesar 1 Tbps dari Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

“Seluruh layanan ini kita menggunakan diversity dan sudah kita rehearsal semuanya sebelum event ini. Semua berjalan dengan baik sejauh ini dan terakhir, ini kita kawal dengan posko yang berlapis, ada 90 posko secara nasional yang bekerja 24 jam,” katanya.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi