Selasa, 21/05/2024 - 11:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Website Pertanian Berbasis AI, Mahasiswa Universitas BSI Juara 3 IT Fest POLNES 2023

Mahasiswa dari Program Studi Teknologi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) meraih lagi prestasi gemilang dalam IT Fest POLNES 2023 Competition yang diadakan oleh Politeknik Negeri Samarinda.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Mahasiswa dari Program Studi Teknologi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) meraih lagi prestasi gemilang dalam IT Fest POLNES 2023 Competition yang diadakan oleh Politeknik Negeri Samarinda. Kali ini, tim mahasiswa dari Universitas BSI berhasil meraih juara 3 kategori Teknologi Tepat Guna (TTG) pada kompetisi tersebut.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Tim yang meraih prestasi ini adalah Tim Developer Jasanya.tech, dengan ketua M. Syahrul Saefulah, dan anggota tim Rahmat Fauzi Widianto serta Syaiban Ahmad Ramadhan. Mereka berhasil menciptakan sebuah website untuk “Meningkatkan Produktivitas Petani Menggunakan AI”.

Berita Lainnya:
Bukan Hanya Seru, Belajar Akuntansi Juga Banyak Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

“Website ini diarahkan untuk membantu petani dalam pengambilan keputusan pertanian dengan melakukan analisis dari data yang diinput, termasuk prediksi cuaca, prediksi suhu, dan kualitas tanah,” kata Syahrul, kepada media, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, ini merupakan aplikasi sistem pakar. “Setelah data diinput, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) akan menghasilkan skor yang kemudian digunakan untuk merekomendasikan tanaman yang cocok untuk ditanam,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu, website ini juga memberikan informasi tentang tanaman mana yang memiliki risiko paling tinggi mengalami gagal panen. Tujuan utama dari proyek ini adalah meningkatkan produktivitas pertanian, mengurangi risiko gagal panen, dan meminimalisir kerugian yang mungkin dialami oleh para petani.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
KPK Kasih Sinyal Tangkap Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Inovasi ini mencerminkan upaya tim mahasiswa Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif dalam mengaplikasikan teknologi informasi untuk memecahkan masalah nyata di sektor pertanian.

Sementara itu, Hendra Supendar, Ketua Prodi Teknologi Informasi Universitas BSI, menyampaikan rasa terima kasih dan selamat kepada Tim Developer Jasanya.tech atas prestasi yang telah mereka raih.

ADVERTISEMENTS

“Prestasi ini bukan hanya kebanggaan untuk tim, tetapi juga untuk Universitas BSI yang terus mendukung mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide kreatif dan solusi inovatif,” ujar Hendra.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi