Sabtu, 27/07/2024 - 12:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Musim Tanam Padi di NTB Mundur Akibat Hujan Belum Merata

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

MATARAM — Musim tanam padi di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Barat mundur dampak pengaruh El Nino sehingga berpengaruh pada rendahnya intensitas curah hujan.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemerintah Provinsi NTB, Fathul Gani, membenarkan kalau di beberapa wilayah, seperti di Kabupaten Lombok Timur bagian selatan hingga kini belum bisa menanam padi. “Yang mundur hanya di beberapa lokasi, khususnya Lombok Timur bagian selatan. Kalau yang lain tetap sudah mulai menanam,” ujar Fathul Gani di Mataram, Selasa (9/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Ia mengatakan berdasarkan informasi BMKG, intensitas curah hujan di NTB baru mencapai 48 persen di awal Januari ini. “Ada beberapa kecamatan di Lombok Timur seperti Sakra, Jerowaru, dan Keruak belum bisa menanam. Tapi untuk wilayah-wilayah ini tetap kita pantau,” kata Fathul Gani.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Fathul mengakui di wilayah Kabupaten Lombok Timur bagian selatan selama ini memang tidak terjangkau aliran irigasi teknis Bendungan Pandanduri. Karena daerah tersebut merupakan daerah tadah hujan sehingga saat musim tanam sangat tergantung dengan air hujan.

Berita Lainnya:
Jaksa Ungkap Banyaknya Pertemuan Antara Pihak Swasta dan BAKTI Hambat Proyek BTS 4G
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Makamya dari BMKG sudah memberikan gambaran hujan yang merata di NTB terjadi kapan. Kalau untuk daerah lain, seperti Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Tengah sudah menanam. Begitu juga di Sumbawa,” terangnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Namun demikian, lanjut Fathul, untuk Kabupaten Lombok Timur tidak semua wilayahnya mundur menanam padi. Karena di beberapa tempat sudah menanam. “Lombok Timur sesungguhnya sudah mulai menanam, tapi itu sebagian di wilayah utara, sehingga daerah yang sudah menanam pada bulan Maret atau April sudah bisa memanen,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Menurut dia, meski di beberapa wilayah Kabupaten Lombok Timur belum bisa menanam, namun hal itu tidak sampai mempengaruhi target produksi padi di NTB. “Bagi kami, daerah-daerah yang sudah menanam padi target kita akhir Maret atau April sudah panen. Sehingga target kita 1,6 juta ton gabah kering giling (GKG) bisa terwujud di NTB,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Fathul berharap curah hujan di NTB ini sudah bisa kembali normal. Pasalnya, luas-an lahan pasti akan berpengaruh karena. “Baru kelihatan hasil panen itu pada Maret dan April. Jadi kalau daerah dialiri air bisa menanam empat kali,” katanya.

Berita Lainnya:
Habib Rizieq Kaget Eks Bos Judi Diangkat Jadi Wantimpres: Opo Iki? Kunaon Iyeu? Kacau!
ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Diketahui BMKG Stasiun Klimatologi NTB memprediksi wilayah NTB masih dilanda El-Nino hingga awal 2024. Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB Cakra Mahasurya Atmojo Pamungkas mengakui bahwa wilayah NTB masih dilanda El Nino sampai awal 2024.

“Kami memprediksi El Nino akan menurun pada Maret – April,” ujar Cakra.

Saat ini, kata Cakra, baru 48 persen wilayah NTB yang diguyur hujan, sedangkan sisanya belum masih belum turun hujan. Tetapi pihaknya memprediksi probabilitas hujan akan semakin meningkat pada Januari – Februari ini.

Cakra menambahkan berkurangnya curah hujan di wilayah NTB pada Desember 2023 akibat pengaruh tekanan rendah di Laut China Selatan. “Selain itu juga akibat pengaruh menguat-nya Monsun Australia,” katanya.

 

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ أَمَّا مَن ظَلَمَ فَسَوْفَ نُعَذِّبُهُ ثُمَّ يُرَدُّ إِلَىٰ رَبِّهِ فَيُعَذِّبُهُ عَذَابًا نُّكْرًا الكهف [87] Listen
He said, "As for one who wrongs, we will punish him. Then he will be returned to his Lord, and He will punish him with a terrible punishment. Al-Kahf ( The Cave ) [87] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi