Selasa, 21/05/2024 - 02:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Kronik Peristiwa Penting Selama 100 Hari Perang di Gaza 

Demonstran pro-Palestina memegang plakat saat melakukan protes menyerukan gencatan senjata permanen di Jalur Gaza, di kedutaan AS di Bangkok, Thailand, (13/1/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 GAZA – Perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza telah memasuki hari ke-100 pada Ahad (14/1/2024). Terdapat sejumlah peristiwa penting selama pertempuran di Gaza yang sejauh ini telah menyebabkan lebih dari 23.900 orang terbunuh. Dilaporkan laman Al Arabiya, berikut kronik peristiwa penting dalam peperangan di Gaza.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
  • 7 Oktober 2023: Kelompok Hamas melancarkan serangan dan operasi infiltrasi ke wilayah Israel selatan. Lebih dari 1.100 orang tewas akibat operasi Hamas tersebut. Selain itu, Hamas menawan sekitar 240 orang dan menjadikan mereka sandera. Para sandera dibawa ke Gaza. Pada hari itu juga, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan bahwa negaranya dalam keadaan berperang. Israel pun mulai meluncurkan serangan udara ke Gaza.

 

  • 8 Oktober 2023: Kelompok Hizbullah Lebanon, yang mendukung perlawanan Hamas, memulai serangan lintas batas ke wilayah Israel. Hingga berita ini ditulis, Hizbullah dan militer Israel masih terlibat konfrontasi serta kontak senjata di wilayah perbatasan kedua negara.

 

  • 13 Oktober 2023: Israel memerintahkan penduduk Kota Gaza untuk mengungsi ke wilayah selatan Jalur Gaza. Kota Gaza dihuni lebih dari 1 juta orang. Populasi di Jalur Gaza terdiri dari 2,3 juta orang. Sejak perintah tersebut dikeluarkan, Israel akan mendorong warga Gaza yang tinggal di wilayah utara untuk mengungsi.
Berita Lainnya:
Turki Hentikan Semua Perdagangan dengan Israel

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
  • 17 Oktober 2023: Sebuah serangan udara menghantam Rumah Sakit Baptis Al-Ahli Al-Arabi di Kota Gaza. Peristiwa itu memantik kemarahan dunia Arab. Ratusan orang terbunuh akibat serangan tersebut. Israel membantah bertanggung jawab. Mereka justru menyebut bahwa ledakan di Rumah Sakit Baptis Al-Ahli disebabkan oleh roket yang gagal ditembakkan kelompok perlawanan Palestina di Gaza.

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
  • 19 Oktober 2023: Sebuah kapal perang Angkatan Laut AS mencegat rudal dan drone yang diluncurkan dari Yaman melalui Laut Merah menuju Israel. Rudal dan drone tersebut diluncurkan kelompok Houthi. Sama seperti Hizbullah, Houthi juga mendukung perlawanan Palestina di Gaza.

 

  • 21 Oktober 2023: Konvoi bantuan kemanusiaan mulai diizinkan melewati perbatasan Rafah dari Mesir ke Gaza. Sejak meluncurkan agresi ke Gaza, Israel memblokade total distribusi pangan, bahan bakar, dan obat-obatan ke Gaza. Israel juga memutus aliran air dan listrik. Hal itu memicu krisis kemanusiaan di wilayah tersebut.

 

ADVERTISEMENTS
  • 27 Oktober 2023: Israel memulai operasi serangan darat ke Gaza. 

 

ADVERTISEMENTS
  • 1 November 2023: Evakuasi dimulai dari Gaza melalui penyeberangan Rafah untuk sekitar 7.000 pemegang paspor asing, warga negara ganda, dan keluarga mereka, serta orang-orang yang membutuhkan perawatan medis segera. Mayoritas penduduk Gaza masih tak diizinkan keluar dari wilayah tersebut.
Berita Lainnya:
Lewat Aturan, Israel Kini Racuni Air Minum Warga Palestina

 

  • 9 November 2023: Israel mengatakan sebuah pesawat nirawak yang diluncurkan dari wilayah Suriah menghantam kota Eilat di selatan. Keesokan harinya, militer Israel mengatakan mereka menyerang milisi yang bertanggung jawab. Israel nantinya akan mengatakan Suriah adalah salah satu front baru dalam meluasnya perang Gaza.

 

  • 15 November 2023: Pasukan Israel menyerbu Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza. Rumah sakit tersebut merupakan yang terbesar di Jalur Gaza. Militer Israel meyakini Hamas membangun markas komando di bawah bangunan Rumah Sakit Al-Shifa. Namun tudingan soal adanya markas di bawah rumah sakit tersebut tak terbukti.

 

  • 21 November 2023: Israel dan Hamas mengumumkan gencatan senjata sementara pertama. Hal ini diikuti dengan pembebasan sejumlah sandera oleh Hamas. Sebagai gantinya, Israel membebaskan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara di Tepi Barat. Gencatan senjata pada akhirnya akan diperpanjang selama satu pekan. Selama periode tersebut, Hamas membebaskan 105 sandera. Sementara Israel melepaskan sekitar 240 tahanan Palestina. Hamas dan Israel gagal menyepakati gencatan senjata lanjutan pada 1 Desember 2023.

 

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi