Sabtu, 18/05/2024 - 18:07 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Mau Daftar Masuk TNI AL 2024? Catat Syarat dan Caranya di Sini

BANDA ACEH – Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar masuk sebagai TNI AL terbaru 2024.Bagi kamu yang ingin mencoba masuk TNI AL simak syarat dan caranya berikut ini dengan lengkap.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pendaftaran untuk menjadi anggota TNI AL saat ini sedang dalam proses seleksi untuk Bintara dan Tamtama AL.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Perlu diketahui Pendaftaran sudah ditutup pada tanggal 4 Januari 2024.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Mulai dari tanggal 5 Januari hingga 16 Februari 2024, proses seleksi Bintara dan Tamtama AL akan memasuki tahap seleksi tingkat daerah dan akan terus berlanjut hingga pembukaan pendidikan pada tanggal 3 Mei 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Maka dari itu pendaftaran untuk menjadi Tamtama dan Bintara AL tidak akan dibuka di awal semester 2024 ini karena proses seleksi masih berlangsung.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Adapun untuk pendaftaran taruna-taruni Akademi Angkatan Laut, hingga saat ini belum ada jadwal terbaru terkait pendaftarannya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Akan tetapijika merujuk pada jadwal resmi pendaftaran secara daring akan dilaksanakan pada bulan April hingga Mei mendatang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Bagi kalian yang tertarik untuk bergabung dengan TNI AL, masih ada waktu untuk mempersiapkan berbagai persyaratan dan cara mendaftar.

ADVERTISEMENTS

Berikut adalah persyaratan pendaftaran untuk menjadi Taruna Akademi AL:

ADVERTISEMENTS

1. Persyaratan Umum

– Warga Negara Indonesia (WNI)

Berita Lainnya:
Viral, Bang Jago Diduga Oknum TNI Pukul Sopir Mobil Catering Pakai Kunci Roda di Bogor

– Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

– Setia kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945

– Berusia minimal 18 tahun saat dilantik

– Sehat jasmani dan rohani, termasuk tidak pernah menggunakan narkoba

– Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap

– Berkelakuan baik dan tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh kepolisian

– Lulus seleksi yang dilaksanakan oleh tim panitia daerah (Panda) dan panitia pusat (Panpus) yang ditunjuk oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal)

2. Persyaratan Lain

– Pria atau wanita dengan tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita, dengan berat badan seimbang

– Berijazah SMA/MA dengan nilai Ujian Nasional yang telah ditetapkan, dengan batas waktu lulusan maksimal 8 tahun ke belakang

– Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama

– Bukan merupakan prajurit TNI, anggota Polri, maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS)

– Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI

Berita Lainnya:
Risma Minta Warga yang Tinggal di Dekat Sungai Jalur Banjir Lahar Dingin Marapi Diungsikan

– Bagi lulusan luar negeri, harus mendapatkan pengesahan atau penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek

– Tidak memiliki tato atau bekas tato, serta tidak memiliki tindik atau bekas tindik di telinga atau bagian tubuh lainnya

– Bagi yang sudah bekerja, wajib melampirkan surat persetujuan dari instansi tempat bekerja dengan surat pernyataan bersedia diberhentikan dari status pegawai apabila diterima menjadi Perwira AL

– Berdomisili minimal 12 bulan di wilayah tempat pendaftaran (Panda) terdekat

– Memiliki kartu BPJS atau kartu jaminan kesehatan sejenis yang masih aktif, serta tidak ada tunggakan dan dapat diverifikasi oleh faskes setempat

Cara untuk mendaftar sebagai Taruna Akademi AL:

2. Mengisi formulir pendaftaran dengan benar dan lengkap.

3. Melakukan validasi/daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran terdekat, dengan membawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti:

– Formulir pendaftaran

– Foto hitam putih terbaru ukuran 3×4 dan 4×6 masing-masing dua lembar

– Akte kelahiran

– KTP calon peserta beserta KTP orang tua/wali

– Kartu keluarga

– Ijazah SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA

– Daftar nilai Ujian Nasional SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA

– Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi