Jumat, 17/05/2024 - 03:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ingin Jadi Pebisnis Di Usia Muda? Ini Tips dari Ahli Kewirausahaan Universitas BSI

 JAKARTA — Pernahkah kalian merasa memiliki mimpi besar untuk menjadi seorang pebisnis sukses? Untuk mewujudkan impian ini, langkah awal yang kritis adalah memiliki rencana bisnis yang kokoh dan terstruktur. Menurut Fuad Nur Hasan, seorang ahli di bidang kewirausahaan dan ketua Inkubator Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), sekaligus Kepala BSI Entrepreneur Center (BEC), cara efektif dalam mewujudkan bisnis adalah Business Model Canvas (BMC).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

BMC merupakan sebuah kerangka kerja yang membahas model bisnis dengan disajikan dalam bentuk visual berupa kanvas lukisan, agar dapat dimengerti dan dipahami dengan mudah. Model tersebut digunakan untuk menjelaskan, memvisualisasikan, menilai dan mengubah suatu model bisnis, agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kegunaan BMC yaitu dapat digunakan untuk semua lini bisnis tanpa terbatas sektor usahanya, sangat membantu untuk mempercepat proses analisis kekuatan dan kekurangan bisnis sehingga analisis kebutuhan dan profit dapat dilakukan dengan cepat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Menurut Fuad Nur Hasan, ada Sembilan elemen utama dalam BMC yang harus diperhatikan, yakni: 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

1. Customers Segments

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Produk yang ditawarkan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan namun pada segmen konsumen yang berbeda. Pada kolom Customer Segment pada Business Model Canvas, Anda harus dapat menjawab setidaknya tiga pertanyaan utama Pekerjaan pelanggan, perolehan pelanggan, dan rasa sakit pelanggan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Mahasiswa Universitas BSI Kampus Sukabumi Siap Bersaing di Era Digital

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

2. Key Partners

ADVERTISEMENTS

Unsur-unsur kerja sama dalam jalinan model bisnis antara lain meliputi siapa pemasok/vendor dan mitra yang tepat bagi perusahaan. Menyewa pemasok untuk memproduksi barang, menunjuk duta merek atau Key Opinion Leader (KOL) berpromosi, dan kurir untuk mendistribusikan.

ADVERTISEMENTS

 

3. Key Activities

Keberhasilan suatu perusahaan juga ditentukan oleh fungsi utamanya. Kegiatan utama perusahaan ini adalah mengendalikan tindakan yang diambil untuk menghasilkan pendapatan. Fungsi utama perencanaan bisnis dimulai dengan desain produk yang tepat, pemasaran yang berorientasi pada pelanggan, pemeliharaan produk dan penggunaan atau pelestarian asset seseorang.

 

4. Unique Value Proposition

Proposisi nilai konsumen ini dapat menjadi cara terbaik bagi perusahaan untuk menemukan solusi, dan produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat menyampaikan nilai yang membantu konsumen.

Apa tujuan dari Value Proposition? Seperti namanya, proposisi nilai konsumen dalam model bisnis kain ini menekankan keunggulan produk atau jasa yang Anda jual. Selain proposisi nilai untuk perusahaan Anda, ini juga menyoroti apa yang membuat perusahaan kami berbeda dari yang lain.

 

5. Customer Relationship

Kolom berikutnya yang perlu diperhatikan dalam Business Model Canvas adalah hubungan atau interaksi dengan konsumen (customer relationship). Setelah Anda memutuskan saluran atau media mana yang tepat untuk menarik konsumen, kunci sukses bisnis selanjutnya adalah menjaga komunikasi yang baik dengan konsumen agar pelanggan tidak mudah berpaling ke lain hati.

Berita Lainnya:
Terbang ke Qatar, Erick Mau Ketemu Investor BSI?

 

6. Key Resource

Sumber daya utama adalah aset yang perlu Anda miliki (atau dapat diakses melalui mitra) untuk model bisnis berkelanjutan. Saat menentukan sumber daya yang diperlukan, berkonsentrasilah pada apa yang diperlukan untuk melakukan aktivitas utama dalam model bisnis Anda.

 

7. Channels

Di era digital sekarang ini, banyak sarana yang bisa digunakan, mulai dari belanja online hingga iklan media sosial, membangun website, membangun toko offline bahkan mengikuti pameran produk. Oleh karena itu, hadir di dunia maya adalah strategi bisnis Anda untuk memasarkan produk Anda sesuai dengan elemen ketiga dari model bisnis ini. 

 

8. Cost Structure

Satu hal yang perlu Anda lakukan adalah merinci pengeluaran dan dana apa saja yang digunakan untuk menjalankan bisnis tersebut. Struktur biaya ini meliputi biaya produksi, upah karyawan, biaya vendor, bahan baku, biaya perawatan mesin, biaya perawatan dan lain-lain.

 

9. Revenue Streams

Revenue Streams terkait erat dengan tujuan bisnis. Tentu saja, mengembangkan bisnis sama halnya dengan berusaha mencari keuntungan atau pemasukan bisnis. Pendapatan Perusahaan biasanya merupakan harga jual dikurangi biaya-biaya yang diperlukan, seperti harga produk dan lain-lain. Pendapatan dihasilkan dari keuntungan penjualan setiap produk.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi