Jumat, 17/05/2024 - 04:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Usai Bertemu Jokowi, Presiden Tanzania Kunjungi Pabrik Indesso di Cileungsi

JAKARTA — Presiden Republik Persatuan Tanzania, Samia Suluhu Hassan ke pabrik Indesso di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024). Hal itu dilakukan setelah Presiden Samia bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor pada Kamis (25/1/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kunjungan Samia menekankan komitmenIndesso dalam memperkuat hubungan antara Indonesia-Tanzania melalui investasi jangka panjangnya di Afrika. Keterlibatan Indesso di Tanzania dimulai pada 2019, yang dipelopori acara Indonesia-Africa Infrastucture Dialogue (IAID) di Bali lima tahun silam.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Di acara itu, Presiden Jokowi berkomitmen memperkuat hubungan antara Indonesia dan negara di Afrika. Sejalan dengan komitmen ini, Indesso telah mendirikan enam unit distilasi di Tanzania untuk menyuling minyak dari guguran daun cengkeh, produk sampingan yang sering kali dibuang sebagai limbah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Komisi III Optimis Kominfo Serius Menutup Situs Judi Online

Inisiatif itu berdampak signifikan bagi industri cengkeh di Tanzania, karena mengubah apa yang dulu dianggap sebagai limbah menjadi sumber daya berharga. Indesso berperan penting dalam berbagi keahliannya dengan masyarakat setempat, memberdayakan komunitas lokal untuk memanfaatkan potensi dari produksi minyak daun cengkeh.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Menurut studi pada 2019, inisiasi penyulingan minyak daun cengkeh Indesso telah meningkatkan pendapatan rumah tangga warga desa hingga empat kali lipat per tahunnya. Industri ini juga menciptakan lapangan pekerjaan baru dalam pengumpulan, transportasi, dan penyulingan daun cengkeh.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Kami bangga bisa menjadi katalisator dalam industri cengkeh Tanzania,” kata CEO Indesso Group, Robby Gunawan saat menyambut kedatangan Presiden Samia di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jumat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Wamenkeu: Tingkat Pengangguran 2024 Turun, Lebih Rendah dari Sebelum Pandemi

“Dengan berinvestasi di wilayah ini (Tanzania), kami tidak hanya menciptakan peluang pertumbuhan ekonomi tetapi juga berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan masyarakat setempat,” ujar Robby melanjutkan.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, kunjungan Presiden Samia ke pabrik Indesso menegaskan dedikasi perusahaan terhadap pembangunan ekonomi Tanzania. Indesso berkomitmen untuk menampung hasil produksi minyak cengkeh dari Tanzania, mendorong pertumbuhan berkelanjutan, dan memberdayakan masyarakat lokal hingga membuat Zanzibar-Tanzania menjadi pusat minyak atsiri baru di Afrika Timur.

ADVERTISEMENTS

“Dengan membagikan kisah keberhasilan, pengetahuan, dan keahlian kami, Indesso turut berkontribusi pada pertumbuhan industri berkelanjutan yang

memberikan manfaat bagi masyarakat lokal dan ekonomi nasional,” ucap Robby.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi