Sabtu, 22/06/2024 - 12:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Aman Pakai Listrik Saat Petir dan Banjir, Ini Tips dari PLN

DENPASAR — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengimbau masyarakat menggunakan listrik secara aman. Hal ini untuk mengantisipasi adanya peningkatan intensitas curah hujan disertai petir yang melanda akhir-akhir ini.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali I Wayan Udayana di Denpasar, Bali, mengatakan penggunaan listrik secara aman sangat penting. Utamanya, mengingat adanya peringatan dini yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di beberapa kota/kabupaten mengenai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Menurut Udayana, curah hujan dengan intensitas tinggi sangat berpotensi menimbulkan banjir dan rentan menimbulkan kecelakaan akibat tersengat listrik. Karena itu, agar kelistrikan di sekitar masyarakat selalu dalam kondisi aman, Udayana mengajak masyarakat untuk memperhatikan instalasi listrik dalam bangunan serta berbagai alat-alat elektronik. 

“Hindari korsleting listrik akibat kondisi berbahaya, seperti kabel instalasi yang terkelupas atau terkena tetesan air dari atap yang bocor. Hal itu sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan hubungan arus pendek,” katanya.

Berita Lainnya:
PLN Lampung: Gangguan Kelistrikan di Pulau Sumatera dalam Penanganan

 

Ia mengatakan agar pelanggan mengecek lagi secara menyeluruh posisi stop kontak, kabel rol yang dimiliki kemudian peralatan elektronik yang dekat dengan lantai untuk mengantisipasi jika terjadi banjir. “Apabila air permukaan semakin tinggi segera matikan aliran listrik melalui MCB (Mini Circuit Breaker) di kWh meter, sehingga tidak ada listrik yang mengalir di dalam rumah,” katanya. 

Dia menjelaskan jika banjir telah surut, masyarakat harus tetap berhati-hati dengan memastikan seluruh kondisi peralatan listrik yang sempat terendam dalam keadaan yang kering sebelum listrik kembali dinyalakan. Tak hanya banjir, hujan yang disertai dengan petir juga patut diwaspadai. Untuk meminimalisir potensi kebakaran alat elekronik tersambar petir, Udayana menyarankan untuk mematikan alat elektronik dan cabut kabelnya dari stop kontak ketika ada petir. 

Berita Lainnya:
PLN Masih Belum Tahu Penyebab Listrik di Sumbar Mati Total

Masyarakat diimbau agar tidak beraktivitas di sekitar jaringan listrik, misalnya mendirikan bangunan, memasang baliho, bermain layang-layang, maupun melakukan pemangkasan pohon di dekat jaringan listrik PLN. “Perhatikan jarak aman sekitar 3 meter dari jaringan listrik karena hal ini sangat berbahaya dan dapat berpotensi menimbulkan kecelakaan ketenagalistrikan,” ujarnya.

Udayana menyatakan pemahaman terhadap bahaya listrik di masyarakat sangat penting agar suplai listrik tetap aman dan terjaga karena menjaga kelancaran pasokan listrik tak hanya menjadi tanggung jawab PLN, tetapi membutuhkan peran serta masyarakat. “Apabila masyarakat mengetahui adanya kondisi yang membahayakan seperti melihat pohon yang dahannya mendekati jaringan listrik, mohon untuk tidak ditangani sendiri tapi segera lapor melalui aplikasi PLN Mobile,” katanya.

Udayana berharap pemahaman masyarakat semakin tinggi sehingga meningkatkan kepedulian terhadap keamanan dan keselamatan ketenagalistrikan.

sumber : Antara

Sumber: Republika


Reaksi & Komentar

وَكَذَٰلِكَ بَعَثْنَاهُمْ لِيَتَسَاءَلُوا بَيْنَهُمْ ۚ قَالَ قَائِلٌ مِّنْهُمْ كَمْ لَبِثْتُمْ ۖ قَالُوا لَبِثْنَا يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۚ قَالُوا رَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثْتُمْ فَابْعَثُوا أَحَدَكُم بِوَرِقِكُمْ هَٰذِهِ إِلَى الْمَدِينَةِ فَلْيَنظُرْ أَيُّهَا أَزْكَىٰ طَعَامًا فَلْيَأْتِكُم بِرِزْقٍ مِّنْهُ وَلْيَتَلَطَّفْ وَلَا يُشْعِرَنَّ بِكُمْ أَحَدًا الكهف [19] Listen
And similarly, We awakened them that they might question one another. Said a speaker from among them, "How long have you remained [here]?" They said, "We have remained a day or part of a day." They said, "Your Lord is most knowing of how long you remained. So send one of you with this silver coin of yours to the city and let him look to which is the best of food and bring you provision from it and let him be cautious. And let no one be aware of you. Al-Kahf ( The Cave ) [19] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi