Senin, 27/05/2024 - 23:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Menlu Retno Bahas Gaza Di Pertemuan ASEAN

LUANG PRABANG — Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan ia membahas situasi Gaza dalam sesi diskusi kawasan internasional di pertemuan menteri luar negeri ASEAN di Luang Prabang, Laos. Retno mengatakan dalam pertemuan itu ia menyampaikan pandangan Indonesia secara sangat terbuka mengenai Gaza.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Beberapa hal yang saya tekankan, ASEAN memiliki kesatuan sikap pada saat menyangkut isu prinsipil, hukum internasional, hukum humaniter internasional termasuk dalam menyikapi  situasi di Gaza,” kata Retno dalam pernyataan yang diunggah di akun Youtube Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Senin (29/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Saya sampaikan principles matter for ASEAN,” katanya. Retno mengatakan di sesi itu ia menyampaikan Indonesia juga sangat prihatin melihat memburuknya situasi di Gaza. Indonesia, tambahnya, juga melihat beberapa negara dunia menganut standar ganda untuk mensikapi situasi Gaza. Namun Retno tidak menyebut nama negara yang ia rujuk.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Netanyahu Didesak Terima Kesepakatan Pertukaran Sandera

“Indonesia menekankan, setiap manusia memiliki hak untuk dihormati yang sama, termasuk bangsa Palestina. Dan Indonesia menyampaikan kita mencermati dari dekat keputusan ICJ atas kasus yang dibawa oleh Afrika Selatan,” kata Retno.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Keputusan ICJ mencerminkan sikap tidak ada satupun negara yang berada di atas hukum,” tambahnya. Ia mengatakan dalam sesi itu ia menyampaikan Indonesia menyayangkan ditangguhkannya dukungan keuangan kepada UNRWA (lembaga pengungsi PBB untuk Palestina) oleh beberapa negara donor, di saat para pengungsi Palestina sangat memerlukan bantuan.

Retno menekankan investigasi yang terbuka, transparan serta kredibel terhadap tuduhan keterlibatan beberapa pegawai UNRWA perlu dilakukan. Namun penundaan dukungan keuangan terhadap UNRWA merupakan “collective punishment” terhadap pengungsi Palestina.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dalam pertemuan ini Retno mengatakan dalam pertemuan di Laos, para menteri luar negeri ASEAN menyepakati beberapa hal: keberlanjutan berbagai pencapaian keketuaan Indonesia tahun lalu, termasuk dukungan atas kelanjutan ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF) dan kelanjutan pelaksanaan ASEAN Human Rights Dialogue.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Taman Kanak-Kanak Siraj Al-Aqsa di Gaza Kembali Dibuka

Meneruskan pengarusutamaan agenda maritim di ASEAN, untuk mendorong stabilitas dan kerja sama maritim kawasan, termasuk blue economy dan penyelenggaraan ASEAN Maritime Forum (AMF)/Expanded ASEAN Maritime Forum (EAMF). Meneruskan pengarusutamaan implementasi AOIP (Outlook on the Indo-Pacific) di berbagai mekanisme yang dipimpin ASEAN.

ADVERTISEMENTS

Dalam hal ini, Concept Note on AOIP-based Comprehensive Regional Architecture dari Indonesia yang disetujui untuk dibahas lebih lanjut. Dukungan terhadap rencana Trilateral Summit China, Japan, Korea Selatan.

ADVERTISEMENTS

“Dan juga keprihatinan dan seruan penghentian kekerasan dan immediate ceasefire di Gaza, mengutuk keras aksi kekerasan terhadap rakyat sipil, dukungan terhadap two-state solution dan mendesak Israel mematuhi keputusan ICJ terkait Gaza,” kata Retno. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi